MIND ID Akuisisi 34% Saham PT Vale Indonesia

Saham PT Vale Resmi Dikuasai Oleh MIND ID (Sumber gambar: Twitter)

Saham PT Vale Resmi Dikuasai Oleh MIND ID (Sumber gambar: Twitter)

Like

MIND ID adalah salah satu perusahaan BUMN di Indonesia yang resmi menjadi pemegang saham mayoritas di PT Vale dan sudah menguasai 34% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO). 

MIND ID telah mencapai kesepakatan untuk membeli saham dari dua pemilik INCO saat ini yaitu, Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM).

Senin (26/2), Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso, bersama dengan Deshnee Naidoo dari VCL, Yusuke Niwa dari SMM, dan Febriany Eddy dari PT Vale Indonesia, menandatangani kesepakatan tersebut di Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan para pejabat tinggi negara lainnya hadir secara langsung di acara tersebut. 

Setelah kesepakatan divestasi selesai, Kementerian BUMN dan MIND ID tetap akan menunjuk Febriany Eddy sebagai Direktur Utama PT VI untuk memastikan keberlanjutan operasional perusahaan.


Bahkan, sejalan dengan Erick, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo akan menyatakan bahwa MIND ID memiliki otoritas untuk memilih tiga Komisaris: Komisaris Utama, Direktur Utama, dan Direktur SDM. 

Seperti yang sudah dikutip dalam laman detikfinance, Tiko mengucapkan "Kami setuju bahwa VCL akan menunjuk direktur untuk pengelolaan ESG dan direktur operasional. Ini menunjukkan komitmen kami untuk mempertahankan standar ESG yang selama ini menjadi komitmen VCL, termasuk praktik pertambangan terbaik yang telah ditunjukkan oleh PT VI."  Sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memastikan keberlanjutan operasinya

Dikutip dari laman cnbcindonesia, Erick mengungkapkan "Hasil investasi adalah Rp 3.050 per lembar saham. Karena MIND ID akan memiliki kontrol bersama atau bersama atas PT Vale Indonesia,".

Setelah kesepakatan, komposisi pemegang saham PT Vale Indonesia terdiri dari MIND ID sebesar 34,00%, VCL sebesar 33,88%, SMM sebesar 11,48%, dan publik sebesar 20,63% melalui Bursa Efek Indonesia. 

Pendanaan yang direncanakan MIND ID adalah sekitar US$ 300 juta, atau Rp 4,68 triliun, berdasarkan kurs Rp 15.607. Anggaran tersebut dialokasikan untuk meningkatkan kepemilikan saham Vale Indonesia menjadi 14 persen.

Adapun, MIND ID telah mencapai kesepakatan dengan pemegang saham asing INCO, Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM), untuk membeli 14% saham INCO dengan harga Rp 3.050 per lembar saham.