Siapkan Ikat Pinggangmu Hadapi Kenaikan BBM, PLN dan Tol

pexels-pixabay

pexels-pixabay

Like

Tidak terasa bulan Februari 2024 akah berakhir.  Apakah datangnya bulan Maret 2024 akan kita sambut dengan senang?  

Mungkin sebagian besar ada yang merasa senang, terutama para PNS  dan Polri  akan mendapatkan kenaikan gaji sebesar 8 persen pada bulan Maret 2024 .

Namun, bagi sebagian besar warga, terutama  mereka yang hanya memiliki pendapatan tidak tetap, bulan-bulan Maret 2024 akan menjadi bulan yang  harus mempersiapkan diri untuk mengikat pinggang untuk keuangannya.

Mengapa harus mempersiapkan diri untuk keuangan?
 

1. Harga BBM

Tren kenaikan harga minyak dunia akibat  perang yang bergejolak di Timur Tengah, mengakibatkan harga minya dunia meningkat. Otomatis hal ini akan berpengaruh terhadap harga jual Bahan Bakar Minyak  (BBM) khususnya  BBM non subsidi di Indonesia.

Harga minyak mentah Brent di pasar perdagangan Senin 19 Februari 2024 tercatat sebesar USD83.56 per barel, naik 0,11 dibandingkan posisi kemarin. Minyak Brent maupun WTI masing-masing naik sekitar 1,5?n 3% karena risiko meningkatnya konflik di Timur Tengah.


Berapa besarnya kenaikan belum dijelaskan elbih lanjut . Hanya dijelaskan bahwa harga produk Pertamina masih lebih kompetitif dibandingkan dengan Perusahaan lain.

Harga penjualan BBM itu acuannya adalah harga indeks pasar BBM yang dipengaruhi harga ICP.  Saat ini ICP bisa mencapai USD 90 per barel sehingga rata-rata harga indeks pasar BBM  berada di atas level USD 100 per barel.
Tentunya harga BBM tidak bisa fluktuasi setiap kali ada kenaikan tetapi ada landasan  harga proyeksi harga berdasarkan model berbasis forecasting  yang baik datanya maupun proyeksi yang akurat.
 

2. Harga tarif Listrik naik

PT.Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun ternyata tak mau ketinggalan untuk menaikkan harga  Listrik pada bulan Maret 2024.

Tarif Januari -Februari 2024 tidak naik dan tetap sama seperti Triwulan IV pada October-Desember 2023
Jadi setelah tertahan l kuartal, maka PLN memastikan kenaikan harga Listrik akan diberlakukan. Jika ingin mengetahui rincian kenaikan, silahkan klik di site PLN.
 

3. Kenaikan Tarif Tol

Rencana kenaikan ruas jalan tol akan diberlakukan.  Adanya informasi setidaknya 4 ruas tol dalam waktu dekat mengalami kenaikan yaitu Tol Jakarta-Cikeampek, Tol Layang MBZ, Tol Serpong-Ceinere dan Tol Jombang -Mojo

Nah, kenaikan harga mulai BBM, sampai Listrik dan tol itu berdampak dengan pengeluaran yang makin bertambah besar.  Apalagi ini jelang lebaran.  Lebih baik pastikan dana pendapatan vs pengeluaran seimbang, tidak terjadi pengeluaran lebih besar dari pendapatan.