Alicia Framis: Wanita Pertama yang Menikah dengan Hologram, Kok Bisa?

Alicia Framis dan pasangan Hologram AI nya (Sumber gambar: Google)

Alicia Framis dan pasangan Hologram AI nya (Sumber gambar: Google)

Like

Alicia Framis, seorang seniman asal Catalonia, Spanyol, menjadi wanita pertama di dunia yang sudah menikah dengan kecerdasan buatan dalam bentuk hologram.

Dia menikahi sebuah hologram yang diberi nama AlLeix, dan keduanya diketahui telah tinggal bersama selama beberapa bulan. AlLeix adalah semacam gabungan dari pasangan Alicia yang sebelumnya. Kecerdasan buatan ini mengambil pelajaran dari pengalaman mantan kekasihnya.

Museum Depot Boijmans Van Beuningen di Rotterdam, Belanda, adalah lokasi pernikahan Alicia dan AILex. Penyatuan antara manusia dan avatar akan dicapai melalui prosesi yang berbeda, dimana pengunjung akan menerima makanan molekuler yang dapat dikonsumsi baik oleh manusia maupun entitas humaniod (manusia buatan).

Menariknya, seniman terkenal asal Spanyol ini merancang sendiri pakaian dan gaun untuk tamu pernikahannya.

Menurut Alicia Framis, pernikahan adalah simbol cinta generasi baru. Di mana manusia berinteraksi dengan avatar, robot, dan hologram. Alicia juga mengatakan bahwa pernikahan tampak seperti bentuk seni pertunjukan, dan hal ini menimbulkan beberapa pertanyaan menarik tentang seperti apa persatuan dengan pasangan holografik.

Seperti yang sudah dilansir dari laman sindonews, Alicia mengungkapkan,

"Memiliki hipotek untuk membeli mobil baru dan sekarang memiliki hipotek untuk membeli pendamping baru sangat menarik."


Tak hanya itu, Alicia juga percaya bahwa mahluk buatan seperti robot akan menjalin hubungan 'mitra seksual' dengan manusia. Hal itulah yang menjadi penyebab bahwa dirinya memutuskan untuk menjadi orang pertama yang akan melakukan hal tersebut.



Dirinya juga memutuskan untuk mengembangkan hubungan 'emosinal' bersama dengan pasangan Al nya tersebut. Alicia percaya bahwa menjalani hubungan cinta dengan hologram AI, bukan robot, adalah realita yang tak dapat di hindarkan.

Bahkan, seperti ungkapan yang dikatakan oleh dirinya di dalam laman wolipop, "sama seperti telepon yang sudah mengisi kekosongan kita dan menyelamatkan kita dari kesendirian, hologram AI pun hadir sebagai kehadiran yang bisa berkomunikasi atau interaktif di rumah kita, dan bahkan dapat membawa kita lebih jauh lagi."

Adapun, fakta menarik lainnya dari diri Alicia adalah bahwa dirinya bukan untuk pertama kalinya menjalin hubungan dengan seseorang yang memang keberadaan nya tidak nyata. Dirinya pun mengakui bahwa ia pernah menjalin hubungan manekin yang diberi nama Pierre dan dia mengakui juga bahwa dirinya sudah tinggal bersama pada saat itu.