Undang Seleb hingga Crazy Rich Dunia, Ini Perjalanan Bisnis Mukesh Ambani

Mukesh Ambani (Sumber gambar: Pinterest)

Mukesh Ambani (Sumber gambar: Pinterest)

Like

Mukesh Ambani, Crazy Rich asal India baru saja mengadakan acara penikahan untuk putra bungsunya yaitu Anant Ambani.

Pesta pernikahan ini digelar secara mewah dan diadakan selama tiga hari berturut-turut. Mengutip dari fimela, pesta ini menghabiskan biaya sekitar USD 120 juta (Rp1,9 Triliun). 

Baca Juga: Deretan Crazy Rich Surabaya, Pemilik Mayapada Group hingga Pemilik Emas 7 Ton

Salah satu yang menjadi pusat perhatian acara ini adalah kehadiran seorang penyanyi papan atas dunia, Rihanna. Dirinya dibayar sekitar USD 6 juta (Rp. 94 miliar) untuk mengisi acara dan menghibur para tamu undangan yang istimewa.

Tidak hanya penyanyi terkenal saja, keluarga Ambani pun mengundang para selebriti Bollywood seperti Shah Rukh Khan, Deepika Padukone dan Rani Mukherjee.


Tak kalah menarik nya lagi, dalam pesta ini Mukesh turut mengundang para elit global seperti Bill Gates, Ivanka Trump dan Mark Zuckerbeg yang hadir bersama dengan istrinya yaitu Priscilla Chen.

Keluarga Ambani juga tidak lupa mengundang para miliarder India, perdana menteri Qatar, serta mantan perdana meteri Canada. 

Perjalanan Bisnis Mukesh Ambani, Sudah Berjalan Lebih dari 40 Tahun!

Perjalanan bisnis Mukesh Ambani dimulai pada tahun 1980. Mukesh adalah seorang anak pertama dari Dhirubhai Ambani, dan ibunya yaitu Kokilaben Ambani, mereka adalah keturunan Hindu dari Gujarat.

Tahun-tahun awal perjalanan Mukesh dipenuhi dengan kesederhanaan dan kerja keras. Sebelum memulai karirnya, ia pergi ke Hill Grange High School di Mumbai dan kemudian menyelesaikan kuliahnya di St. Xavier's College di Mumbai.

Pendidikan Mukesh Ambani memberinya rasa rendah hati dan etika kerja yang kuat, hingga pada akhirnya dia bisa menjadi kaya raya.

Mukesh terjun kedalam dunia Reliance Industries yang dimana usaha itu bergerak dibidang petrokimia, gas, minyak, ritel, dan pemurnian.

Dirinya pun tergabung sebagai dewan dan direktur dari perusahaan-perusahaan ternama dalam waktu yang berbeda-beda.

Reliance Industries adalah perusahaan yang sudah dibangun terlebih dahulu oleh ayahnya, hingga akhirnya ditahun 1981, Mukesh memutuskan untuk membantu memperluas usaha ayahnya tersebut.

Pada saat dibawah kepemimpinan Mukesh, perusahaan ini menjadil ritel terbesar di India karena kemajuan nya yang signifkan.

Pada tahun 2002 perusahaan ini dibagi menjadi dua, padahal sebelum sang ayah meninggal tidak ada syarat akan pembagian harta tersebut.

Akhirnya sang ibu memutuskan untuk membagi dua perusahaan tersebut dan Mukesh menerima bagiannya di Reliance Industries Limited dan Indian Petrochemicals Corporation Limited. 

Perusahaan didirikan di Jamnagar, India, dan di bawah bimbingan Mukesh Ambani. Pada tahun 2010, kilang minyak terbesar di dunia mampu memproduksi 660.000 barel per hari.

Baca Juga: Jadi Crazy Rich Surabayan, Ini Fakta Menarik Soal Hermanto Tanoko

Selain itu, Reliance Jio Infocomm Limited meluncurkan smartphone 4G dengan merek "LYF" pada tahun 2016. Pada tahun tersebut, smartphone tersebut menjadi smartphone terlaris ketiga di India. Jio 4G diluncurkan secara komersial pada bulan September. 

Melalui usaha-usaha yang sudah dipegang oleh Mukesh Ambani, tidak mengherankan bahwa ia kini disebut sebagai orang terkaya di India pada tahun 2023 dan saat ini karena karirnya yang terus berkembang.

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik "Mulai Menulis"

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.