Dikira Sandra Dewi, Akun Dewi Sandra Diserang Netizen! Bukti Netizen Rendah Literasi

Like

Separah inikah pemahaman masyarakat tentang literasi digital dan literasi informasi?

Ataukah masyarakat benar-benar telah tenggelam dalam lautan informasi tanpa kemampuan untuk menyaring dan mengidentifikasi kebenaran dari sebuah kesalahpahaman?

Atau semua pengetahuan tentang kebenaran itu memang sengaja diabaikan demi bisa melampiaskan kemarahan, penghinaan dan penghakiman sepihak? 

Pertanyaan-pertanyaan yang sulit untuk mendapatkan jawaban pasti.

Baca Juga: Meningkatkan Literasi Dan Berwirausaha Mandiri di Masa Pandemi


Namun, jika kita melihat kolom komentar Dewi Sandra, banyak juga komentar yang memberikan jawaban untuk menjelaskan kesalahan paham. Akan tetapi semua itu seakan diabaikan. Rasanya mustahil jika tidak membaca komentar lain.

Alih-alih meminta maaf atas kesalahan pahaman tersebut netizen semakin  menjadi-jadi berkomentar. Miris, bahkan kolom tersebut menjadi ajang perdebatan dan pertikaian panjang yang mengaitkan dengan pemilu 2024.

Para pendukung paslon 01, 02, 03 ikut meramaikan kesalahanpahaman tersebut. Meskipun tidak ada kaitannya, tetapi semuanya dikait-kaitkan. 

Fakta tentang kesalahan pahaman membedakan artis Dewi Sandra dan Sandra atau dua nama yang mirip ini merupakan masalah dasar tentang bagaimana masyarakat memahami dan memproses informasi.

Perlu diketahui literasi informasi bukan hanya tentang kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi dengan kritis.

Lantas bagaimana menyikapi hal tersebut?

Baca Juga: Sering Mual Saat Membaca dalam Mobil Bergerak? Ini Alasannya!

Untuk mengatasi darurat literasi ini, diperlukan upaya bersama dari semua pihak. Pendidikan literasi digital dan literasi informasi harus menjadi prioritas dalam sistem pendidikan nasional kita.

Selain itu, masyarakat juga harus dilibatkan dalam kampanye kesadaran untuk memerangi dan mencegah penyebaran informasi palsu atau hoaks.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? 
Yuk, tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang kamu suka dengan klik "Mulai Menulis".

 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.