Peran Keberuntungan dalam Berinvestasi? Faktor-Faktor yang Dialami Investor Sukses

Faktor keberuntungan masih jadi pertanyaan terbesar para peneliti dalam menentukan keberhasilan investasi. (Sumber gambar: Freepik)

Faktor keberuntungan masih jadi pertanyaan terbesar para peneliti dalam menentukan keberhasilan investasi. (Sumber gambar: Freepik)

Like

Beberapa nama orang terkaya di dunia dengan total kekayaan triliunan dolar memperoleh kekayaannya dari investasi.

Mereka memprediksi keuntungan yang dapat mereka peroleh dengan melakukan pembelian beberapa instrumen investasi.

Beberapa memperoleh kekayaan dengan konsisten berinvestasi, tetapi ada juga yang bisa mengalami pailit hanya karena satu keputusan investasinya.

Lantas, muncul pertanyaan bagaimana peran keberuntungan menentukan investasi seseorang?

Baca Juga: Memahami Dinamika Pasar: Tips Investasi Aman dan Menguntungkan selama Ramadhan


Melansir dari portal resmi Kementerian Keuangan, investasi merupakan bentuk penanaman modal dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Investasi jadi upaya seseorang untuk dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik. Akan tetapi, tujuan khusus berinvestasi setiap orang tentunya berbeda-beda.

Hal ini bisa kita lihat dari motif, cara hidup, dan bagaimana seseorang memperlakukan uang.

 

Tak Ada Pemenang Lotre dalam Jajaran orang Terkaya di Dunia

Keberuntungan jadi hal yang sulit diukur dalam menentukan perkembangan portofolio seseorang. Bahkan untuk orang terkaya sekalipun.

Akan tetapi, ada yang lebih penting daripada keberuntungan. Hal itu adalah mempertahankan hasil yang diperoleh dari keberuntungan.

Berapa banyak berita yang memperlihatkan pemenang lotere yang kaya mendadak selama rentang waktu pendek kemudian jatuh miskin seperti sedia kala.

Baca Juga: Apakah Masih Relevan untuk Berinvestasi di Reksa Dana Pasar Uang?

Salah satunya adalah Michael Carrol yang memenangkan 10 juta poundsterling hasil kemenangan lotre. Pria yang satu ini kemudian berfoya-foya dengan uangnya, tak jarang juga berurusan dengan polisi.

Kurang lebih 11 tahun kemudian semua hartanya habis dan dirinya menjalani sisa hidup sebagai tukang sampah.

Tak hanya Michael Carrol yang mengalami hal nahas seperti itu. Banyak pemenang lotre juga mengalami hal serupa.

Para pemenang lotre ini adalah orang-orang yang beruntung, tetapi bukan orang-orang yang mampu mengambil langkah baik setelah mendapatkan keberuntungannya.