Gempa Dahsyat Taiwan: Tsunami Hantam Jepang, RI Aman?

(Sumber gambar: X)

(Sumber gambar: X)

Like

Pada Rabu, 3 April 2024, pagi waktu setempat, sebuah musibah melanda Taiwan dengan gempa bermagnitudo M 7,4.

Gempa terjadi pada pukul 08:00 waktu setempat dan berpusat pada 18 kilometer (km) selatan di Kota Hualien dan pada kedalaman 34,8 kilometer (km).

Gempa tersebut menyebabkan kerusakan besar di Taiwan serta peringatan tsunami yang meluas hingga ke Jepang juga Filipina sebelum dicabut. Bahkan, tiga daerah di Jepang dilaporkan mengalami tsunami kecil.

Badan Meterologi Jepang mengatakan Pulau-pulau yang terpencil di Jepang dan dekat Taiwan, termasuk pulau Miyakojima, diperkirakan akan segera dilanda oleh gelombang tsunami setinggi tiga meter (10 kaki).

Baca Juga: Gempa Dahsyat Guncang Maroko, Kota Tua Marrakesh Rusak


Pemerintah Jepang sudah memberikan peringatan tsunami dan meminta orang-orang di pesisir dekat selatan Okinawa untuk evakuasi. Karena gempa ini telah mengaktifkan alarm tsunami di Jepang.



Efeknya Bagi Indonesia

Melansir dari laman cnbcindonesia.com, BMKG mengumumkan dampak gempa Taiwan ke Republik Indonesia melalui akun media sosial X salah satu pejabat BMKG.

"Gempa Taiwan M7,4 berpotensi tsunami tetapi tidak akan berdampak signifikan hingga wilayah Indonesia," ucap salah satu pejabat BMKG tersebut yaitu Daryono. 

Melansir dari laman bbc.com, Menurut Judha Nugraha, yang merupakan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, tidak ada informasi tentang warga negara Indonesia yang menjadi korban gempa atau tsunami.

Baca Juga: Ghozali Everyday, Penggiat NFT yang Sukses Jual Selfie Miliknya Hingga Rp12 Miliar!

Dirinya mengungkapkan bahwa banyaknya WNI di Hualien, Taiwan, adalah 3.343, dengan mayoritas Pekerja Migran Indonesia, menurut data yang dikumpulkan oleh otoritas keimigrasian Taiwan.