5 Tips Sukses Jalankan Bisnis Kue yang Wajib Kamu Coba

Bisnis kreatif, bisnis kue (Format: pixabay.com)

Bisnis kreatif, bisnis kue (Format: pixabay.com)

Like

Perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu faktor yang mendukung bagi pelaku usaha. Menjalankan bisnis menjadi lebih mudah, termasuk dalam hal pemasaran. Ada banyak peluang yang dapat dimanfaatkan, asal memiliki kreativitas dalam mengelolanya saja.

Bagi kamu yang memiliki hobi kue tidak ada salahnya mencoba membuka usaha dengan menjual kue yang kamu buat, mengingat bisnis ini memiliki peluang yang cukup menguntungkan. Untuk memulai usaha satu ini juga tidak sulit, berikut tipsnya.


Menyusun Perencanaan Bisnis

Membuat perencanaan memiliki peluang yang lebih besar, jika usaha yang dijalankan bisa sukses. Oleh sebab itu, sebelum menjalankan bisnis satu ini kamu juga perlu menyusun rencana meliputi jenis kue apa yang akan dibuat hingga target konsumen.

Memulai bisnis satu ini akan lebih mudah apabila sebelumnya kamu sudah cukup paham mengenai pembuatan kue, dan menguasai beberapa resep kue. Kemampuan ini akan menjadi bekal agar kamu bisa membuat kue yang disukai banyak orang.


Cari Tahu Modal untuk Membuka Usaha

Tentu setiap bisnis membutuhkan modal termasuk dengan bisnis satu ini. Maka sebelum bisnis kreatif ini dijalankan, kamu perlu menyiapkan modal untuk membuat kue, mulai dari peralatan memasak hingga bahan bahan seperti telur, terigu, mentega dan lain sebagainya.

Untuk menghasilkan kue yang enak dn lezat, kamu harus memperhatikan kualitas bahan yang dipakai. Memang tidak salah jika mempertimbangkan harga saat membeli bahan, namun kamu juga tidak boleh mengabaikan kualitas bahan tersebut.


Selain modal berupa alat dan bahan, kamu juga perlu menyiapkan tenaga kerja untuk proses produksi. Mungkin jika pada tahap awal kamu bisa melakukannya sendiri, namun seiring dengan berkembangnya usaha tersebut kamu membutuhkan karyawan untuk membantumu.


Memahami Kompetitor

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu tidak akan terlepas dari adanya kompetitor. Agar produk yang kamu tawarkan bisa bersaing di pasaran, maka kamu harus belajar dari pesaing yang sedang menekuni bisnis di bidang yang sama.

Dengan mengetahui strategi pesaing dalam menawarkan barangnya, maka kamu bisa melakukan perbaikan dari setiap kekurangan pada produk kompetitor. Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu faktor yang menyebabkan usaha ini gagal.


Menentukan Harga yang Tepat

Penentuan harga tidak bisa dilakukan sembarangan karena sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan bisnis kreatif ini. Menetapkan harga yang terlalu tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak memiliki resiko jika kue yang kamu jual kurang laku.

Sedangkan menetapkan harga yang terlalu murah memang akan membuat banyak orang tertarik membelinya. Namun, jika modal yang kamu keluarkan lebih banyak dibandingkan harga jualnya, tentu kamu akan rugi. Perhatikan juga branding dari produk kamu ke depannya. Usahakan tampak berkualitas. Sehingga, untuk harga jangan terlalu murah.

Jika misalnya terjadi kenaikan bahan, kamu juga harus memperhitungkannya dengan baik. Agar tetap bisa menjual dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mencari informasi toko bahan kue yang menawarkan harga miring.


Promosi Produk Secara Offline dan Online

Promosi menjadi hal yang harus dilakukan dalam menjalankan usaha kue. Keberadaan media sosial memberikan kemudahan untuk melakukan promosi secara online. Kamu bisa memanfaatkan Iinstagram, Facebook atau Twitter untuk mengenalkan bisnis kue yang jalankan.

Usahakan agar tampilan produk yang dimuat dalam media sosial dibuat semenarik mungkin. Agar banyak yang tertarik untuk membelinya, kamu bisa memberikan potongan harga untuk membeli pertama.

Sejatinya setiap bisnis memiliki peluang dan resiko yang harus diperhitungkan dengan baik. Oleh sebab itu, sebelum menjalankan bisnis kamu harus menyusun strategi yang tepat.

Selain itu, kegigihan dan ketekunan menjadi salah satu kunci sukses sebuah bisnis. Semangat dan selamat mencoba, simak juga ulasan peluang usaha lainnya di Bisnis Muda, ya!