8 Pebulutangkis Indonesia Dikenakan Sanksi Berat oleh BWF, Apa Alasannya?

Like

Kecaman dari PBSI dan Sanksi yang Dijatuhi

Melihat aksi tersebut, pihak BWF langsung turun tangan untuk menangani kasus Hendra dan atlet-atlet yang ikut berkecimpung. BWF memanggil mereka untuk dimintai wawancara terkait aksinya.

Sayangnya, mereka tidak pernah memenuhi panggilan wawancara tersebut selama periode tahun 2017-2019. BWF bahkan sampai menghubungi PBSI untuk ikut menindaklanjuti atlet-atlet mereka.

Akan tetapi, pihak PBSI tidak pernah menggubris pemberitahuan dari BWF mengenai atletnya yang menjadi terdakwa kasus match fixing dan perjudian di bulutangkis.

Masuk tahun 2021, puncak dari kasus match fixing dan perjudian di mulai. BWF secara resmi mendakwa 8 atlet bulutangkis asal Indonesia terkait pelanggaran kode etik BWF.

PBSI yang mendengar kabar tersebut langsung mengecam para atletnya. Mengutip dari cnn.com, perwakilan PBSI, Broto Happy mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan 8 pebulutangkis Indonesia membuat nama negara jadi tercoreng di mata dunia.


Baca Juga: Mencapai Keseimbangan Fisik dan Spiritual: Tips Supaya Tetap Sehat Selama Puasa

Perihal kasus match fixing dan perjudian tersebut, Hendra Tandjaya, Androw Yunanto, dan Ivandi Danang dijatuhi hukuman skorsing tanding seumur hidup.

Mia Mawarti dan Fadilla Afni diberikan sanksi skorsing hingga tahun 2030 serta denda 10 ribu USD. Sementara Sekartaji Putri, tidak boleh ikut pertandingan badminton hingga tahun 2032 dan denda sebesar 12 ribu USD.

Agripinna Prima diberikan denda US$3.000 dan tidak diizinkan bertanding sampai tahun 2026. Terakhir, Aditiya Dwiantoro dijatuhi denda sebesar US$7.000 sekaligus tidak diperbolehkan bertanding hingga tahun 2027.

Baca Juga: 4 Langkah Maksimalkan Hari Terakhir Ramadan, Mulai Dari Kurangi Gadget !

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung