Emansipasi dan Peran Wanita Masa Kini, Sudahkan Terealisasi?

Di beberapa kesempatan bersama menteri wanita hebat di negeri ini. (Dokpri)

Di beberapa kesempatan bersama menteri wanita hebat di negeri ini. (Dokpri)

Like

Berkali-kali saya bertemu langsung dengan wanita – wanita hebat di negeri ini. Mulai dari sosok menteri, bupati, orang penting dalam sebuah lembaga dan perusahaan, guru, artis, dan yang lainnya.

Tidak dimungkiri bahwa keberadaan mereka saat ini tidak luput dari cita - cita dan perjuangan Kartini untuk mengangkat harkat dan derajat para wanita.

Emansipasi wanita. Itulah salah satu pengaruh terbesar perjuangan Kartini yang dapat dirasakan oleh para wanita di kita hingga saat ini, yang selalu dikenang dan dirayakan setiap tanggal 21 April. Atau tanggal itu sesuai dengan hari lahir dari tokoh perjuangan emansipasi wanita tersebut.

Baca Juga: Memperingati Hari Kartini: Meskipun Sudah Masa Emansipasi, Tantangan Perempuan Masih Ada!

Kita tahu bahwa emansipasi wanita itu telah memberikan berbagai kesempatan kepada para wanita, sama halnya dengan kesempatan yang dimiliki oleh pria.


Kesempatan-kesempatan yang dimaksudkan terdapat dalam berbagai aspek, seperti dalam pendidikan, pekerjaan, politik, kebebasan, dan masih banyak lagi.

Kalau bukan karena perjuangan emansipasi wanita tersebut, tidak mungkin kita melihat seorang wanita menjadi presiden di negeri ini. Begitu juga dengan posisi-posisi strategis lainnya.