Masih Oke Gak Sih Investasi Emas di Masa Pandemi COVID-19? Ini Jawabannya

Bisnis Muda
Like

Di tengah masa pandemi Covid-19, kalian pasti masih bingung kan untuk menempatkan uang nganggur di berbagai pilihan instrumen investasi yang ada. Salah satunya adalah emas. Gimana ya, beli emas atau enggak nih?

Nah, menurut perencana keuangan dan pendiri Finansia Consulting Eko Endarto,calon investor menghindari membeli atau menambah lagi portofolio emas. 

Eko menilai investasi emas masih berpotensi naik, jika kondisi ekonomi global masih dihantam virus Corona Covid-19. Namun, kalau ke depan kondisi ekonomi dunia sudah mulai membaik, maka kemungkinan harga emas akan turun.

“Kalau kita melihat dan yakin atau kita rasa kondisi akan terus bermasalah sampai ke depan, masih ada kemungkinan harga emas naik,” kata Eko seperti dilansir di Bisnis.com.

Menurutnya, harga emas saat ini sudah lumayan tinggi. Kenaikan harga emas sejak awal tahun sudah 30 persen. Jadi, Eko menyarankan untuk menahan beli emas terlebih dahulu.


“Kalau yang punya, bagus untuk dijual karena sudah naik tinggi, kalau yang belum punya tahan dulu tidak usah beli karena usah cukup tinggi harganya,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menyarankan agar masyarakat jangan menggunakan tunjangan hari raya atau THR untuk berinvestasi emas. Namun, jika memang ada uang lebih, boleh digunakan sekadar untuk menyimpan emas.

Jika uang terbatas, siapkan uang tunai atau cash saja. Karena, dia melihat masih banyak produk-produk lain yang harganya akan terus turun seperti saham dan properti. Menurutnya, apabila kalian mau investasi dan jangkanya panjang, lebih baik memilih reksa dana atau saham.

"Belum terlambat untuk berinvestasi saham saat ini, karena harga masih terus bergerak,"