Pssstt, THR Kamu Masih Tersisa? Bisa Nih Dibeliin Reksa Dana Jenis Ini

Bisnis Muda
Like

Kamu pastinya sudah mengalokasikan dana tunjangan hari raya (THR) ke berbagai pos kan, seperti bayar zakat atau beli keperluan Lebaran. Nah, THR kamu tu sebenarnya bisa loh disisihkan untuk investasi.

Salah satu opsi investasi yang menarik saat ini adalah reksa dana karena pembeliannya mudah dan jumlah dana yang disetorkan untuk pembelian juga kecil.
 
Menurut Chief Investment Officer PT Principal Asset Management Ni Made Muliartini, pada dasarnya tidak ada perbedaan signifikan antara mengelola portofolio menjelang Lebaran dibandingkan dengan hari-hari lainnya.
 
Memang, kebutuhan dana menjelang Hari Raya cukup tinggi sehingga dia menyarankan agar investor memilih instrumen yang likuid atau gampang dijual kembali. Jadi, kalau kamu butuh uang, instrumen investasi itu harus gampang dicairkan.

Nah, produk reksa dana pasar uang layak jadi pilihan sebagai instrumen investasi setelah Lebaran. “Jadi sebaiknya pilih produk yang memang cukup likuid untuk diambil dananya sewaktu-waktu jika diperlukan,” tuturnya, seperti dikutip dari Bisnis.com.
 

Head of Market Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana juga merekomendasikan produk reksa dana pasar uang sebagai pilihan untuk menginvestasikan dana segar seperti THR. Pasalnya, momentum Lebaran  tahun ini juga dibarengi dengan kondisi sosial-ekonomi yang sangat berbeda akibat pandemi Covid-19.
 
Menurutnya, sebagai instrumen investasi, produk reksa dana pasar uang cenderung memiliki risiko yang sangat minim sehingga investor masih bisa mengharapkan keuntungan dari investasi tanpa terlalu khawatir akan risikonya.

Produk reksa dana pasar uang pun sangat likuid. “Jadi kalau tiba-tiba butuh dana darurat bisa langsung dicairkan,” katanya.