7 Strategi Merencanakan Dana Pensiun Sejak Dini, Tips Sejahtera di Masa Tua!

pexels-olly

pexels-olly

Like

Generasi Z mengatakan bahwa dia masih muda, masih jauh dari pensiun. Apa alasan untuk memikirkan pensiun?

Siapa yang sudah memikirkan pensiun sejak masih muda?  Banyak anak-anak milenial sekarang  justru lebih sadar tentang pensiun dini ketimbang saya yang sudah pensiun 10 tahun yang lalu.

Bagi sebagian generasi milenial dan generasi Z, apa yang mereka pikirkan adalah dana untuk investasi bukan dana untuk pensiun.

Bagi para PNS, mungkin tidak memikirkan soal dana pensiun karena mereka masih menerima uang pensiun.

Baca Juga: Mengapa Perencanaan Dana Pensiun Penting dan Bagaimana Memulainya?


Hanya pertanyaannya apakah dana itu mencukup saat pensiun? Banyak keluhan dari istri yang suami PNS, mengatakan dana pensiun hanya cukup untuk kebutuhan 1-2 minggu saja.

Bagi pekerja swasta dan pengusaha UMKM yang tak mendapatkan/memiliki dana pensiun dari perusahaan pun harus memikirkan uang pensiun sejak dini.

Pada prinsipnya siapa pun perlu memikirkan masa depan yaitu masa pensiun. Persiapan pensiun itu sangat penting karena waktu itu berlalu dengan begitu cepatnya. 

Saya sendiri merasa begitu singkatnya bekerja selama 28 tahun, dan harus pensiun dini.
Persiapan pensiun itu meliputi persiapan mental, fisik maupun keuangan. 

Baca Juga: 7 Mitos dan Fakta tentang Dana Pensiun yang Harus Anda Ketahui

Saat ini kita akan membahas tentang persiapan dana untuk pensiun. Tanpa persiapan dana pensiun yang cukup maka Anda tidak akan dapat menikmati pensiun dengan nyaman.

Terutama mereka yang dianugerahi usia panjang atau harapan untuk hidup panjang artinya dana untuk memenuhi pensiun makin panjang.