4 Cara Menambah Hormon Bahagia dengan Sederhana

Ilustrasi Kebahagiaan (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi Kebahagiaan (Sumber gambar: Canva)

Like

Siapa yang tidak ingin hidupnya dipenuhi dengan perasaan bahagia? Ternyata rasa bahagia bisa didapatkan dengan cara yang sederhana lho.

Jika Be-emers pernah mendengar kalau tubuh manusia memiliki hormon yang berfungsi bisa mengatur suasana hati, yap itu benar. 

Dilansir dari laman halodoc, hormon merupakan pembawa pesan kimiawi yang mengatur ragam fungsi di dalam tubuh seperti beberapa kelenjar, organ juga jaringan yang membuat dan melepaskan hormon.

Dengan kata lain, hormon juga berperan sebagai pembawa pesan melalui darah lalu disalurkan ke organ, kulit, otot, dan jaringan lainnya sehingga peranan hormon ini sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan. 

Berikut ini ada 4 jenis hormon bahagia yang bisa membantu mengatur kesehatan mental kita, ada apa saja? 


Baca Juga: 10 Tips Mudah untuk Hidup Sehat Setiap Hari, Kunci Menuju Kebahagiaan
 

Ilustrasi hormon dopamin/Canva

Ilustrasi hormon dopamin/Canva



1. Dopamin 

Hormon dopamin disebut juga hormon "perasaan baik" atau hormon menghargai diri yang menjadi bagian penting dari sistem penghargaan otak.

Dopamin memiliki peran pada sistem motivasi dan reward pada otak yang teraktivasi ketika tubuh melakukan kegiatan yang menyenangkan. 

Kamu bisa meningkatkan hormon dopamin dengan melakukan kegiatan seperti belanja, makan enak, kegiatan yang berfokus mencapai tujuan, dan kegiatan self care atau perawatan diri. 


 

2. Endorphine 

Hormon endorphine merupakan hormon yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit atau nyeri alami pada tubuh.

Tubuh secara alami memproduksi endorphine sebagai respons terhadap stres atau rasa tidak nyaman.

Selain sebagai pereda nyeri alami, endorphine juga menjadi penyebab munculnya perasaan euforia jika diproduksi terlalu banyak. 

Jika kamu ingin meningkatkan produksi hormon endorphine kamu bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti berolahraga, menonton film favorit, tertawa, berpelukan dengan orang tersayang.