4 Cara Menambah Hormon Bahagia dengan Sederhana

Like

3. Serotonin 

Dikenal sebagai hormon penstabil suasana hati. Serotonin juga berfungsi sebagai neurotransmitter untuk mengatur suasana hati, siklus tidur, nafsu makan, dan fungsi lainnya dalam sistem saraf.

Jika tubuh kekurangan serotonin maka akan berefek gangguan mental seperti depresi dan kecemasan. 

Beberapa kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon serotonin antara lain berjemur di pagi hari, jalan-jalan menikmati pemandangan alam, ibadah, meditasi atau mindfulness. 

Baca Juga: 7 Strategi Praktis Mengelola Stres agar Kehidupan Kamu Menjadi Lebih Bahagia!
 

 

Oksitosin/Canva

Oksitosin/Canva

 

4. Oksitosin 

Hormon oksitosin atau disebut juga "hormon cinta" yang berfungsi membantu meningkatkan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan.

Selain itu beberapa penelitian juga menyebutkan jika hormon ini berperan untuk mengatur sistem kekebalan, proses penyembuhan, dan penerimaan rasa sakit. 


Beberapa aktivitas yang bisa meningkatkan hormon oksitosin yakni ketika bersosialisasi dengan orang lain, melakukan sentuhan fisik seperti berpelukan dan ciuman, mengelus binatang kesayangan, dan membantu orang lain. 

Nah, itu tadi empat hormon kebahagiaan yang bisa membawa kamu memiliki hari-hari yang menyenangkan.

Jangan lupa untuk selalu bersemangat dan menyebarkan energi positif di setiap kegiatan dan rutinitas yang kita lakukan ya Be-emers. 



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung