Kemenpora Korea, Mulai Penyelidikan Usai Munculnya Isu Manipulasi Chart yang Melibatkan BTS!

Grup K-Pop BTS (Sumber gambar: educatepark.com)

Grup K-Pop BTS (Sumber gambar: educatepark.com)

Like

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kemenpora) Korea Selatan  mengumumkan bahwa mereka akan memulai penyelidikan resmi terhadap tuduhan manipulasi chart musik yang melibatkan BTS.

Penyelidikan ini direspon setelah adanya keluhan formal yang diterima dari berbagai pihak yang mempertanyakan integritas chart musik terhadap grup yang dikelola oleh Big Hit Music.

Menurut seorang pejabat dari Kemenpora, keluhan ini awalnya ditinjau oleh Korea Creative Content Agency sebelum diputuskan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Tujuannya adalah untuk mengungkap kebenaran di balik tuduhan tersebut, memperkuat transparansi dan keadilan dalam industri musik.

Baca Juga: Jin BTS Wamil, Selain Korea Selatan Negara Ini Juga Wajib Militer!


Tuduhan ini bermula dari pernyataan Tuan A, pelapor yang mengklaim berdasarkan putusan pengadilan terhadap Big Hit Music pada Januari 2017.

Menurut pengadilan, terdapat ancaman yang menyebutkan bahwa chart musik dilakukan dengan metode manipulatif, yang melanggar UU Pembinaan Industri Musik.

Kasus ini juga menarik perhatian karena melibatkan insiden pada Melon Music Awards 2016, di mana BTS dikatakan mendapatkan peringkat yang lebih rendah dibandingkan EXO di chart album, namun memenangkan penghargaan “Album of the Year”.

Kecurigaan ini menambah dimensi baru dalam penyelidikan yang sedang berlangsung.

Dari segi hukum, Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada Agustus 2017 telah menghukum seseorang dengan inisial B atas tuduhan pemerasan.

B dituduh meminta sejumlah uang dari Big Hit Music dengan ancaman akan menyebarkan bukti pemasaran ilegal jika tidak dibayar.