Teknik Kecantikan Menggunakan Oil cleansing method (OCM), Pilih Minyak Alami vs Minyak Kosmetik?

Oil cleansing method

Oil cleansing method

Like

(Oil Cleansing Method) OCM telah ada selama berabad-abad, namun baru-baru ini mendapatkan popularitas di Barat pada awal tahun 2000-an.

Metode ini dipopulerkan oleh komunitas kecantikan online dan blog yang memuji manfaat penggunaan minyak alami untuk perawatan kulit.

OCM sebenarnya didasarkan pada praktik Ayurveda tradisional yang disebut Abhyanga, yang melibatkan pemijatan tubuh dengan minyak untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan.



Kelebihan OCM

  1. Membersihkan dengan lembut. OCM dapat membersihkan kulit kita tanpa menghilangkan minyak alami, membuat kulit kita terasa lembut dan kenyal. 
  2. Membersihkan secara mendalam. OCM dapat melarutkan sebum dan kotoran yang terperangkap di pori-pori kita, membersihkan secara mendalam yang tidak bisa dilakukan oleh pembersih biasa.
  3. Anti-penuaan. Minyak yang digunakan dalam metode ini kaya akan antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit kita, mengurangi munculnya kerutan, dan garis-garis halus.
  4. Cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif.
  5. OCM yang menggunakan minyak juga meniru sebum alami kulit kita, sehingga membuat kulit kita terasa lembut, terhidrasi, dan seimbang.

 

Minyak Alami VS Minyak Kosmetik 

Lalu pertanyaannya, lebih baik mana, minyak alami atau minyak kosmetik?

Minyak Alami 

Kelebihan

Minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojoba, atau minyak almond, cenderung tidak mengiritasi kulit dan lebih mudah terserap ke dalam kulit, sehingga memberikan nutrisi dan kelembapan penting. 



Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Soal Make Up dan Kecantikan yang Harus Dihindari!


Kekurangan 

Di sisi lain, minyak alami diekstraksi langsung dari tanaman tanpa bahan kimia atau proses apa pun.

Artinya, produk ini mempertahankan semua nutrisi bermanfaat dan antioksidan yang dapat menyehatkan kulit Anda dan melindunginya dari kerusakan lingkungan.