5 Kebiasaan Buruk Soal Make Up dan Kecantikan yang Harus Dihindari!

Kebiasaan buruk make up (Ilustrasi: Canva)

Kebiasaan buruk make up (Ilustrasi: Canva)

Like

Siapa yang mau terus terlihat rapi dan cantik tapi jarang sekali memperhatikan alat dan cara berdandan? Atau jangan-jangan kamu masih punya kebiasaan buruk ini?

Tanpa disadari ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang masih dilakukan oleh orang-orang dalam berdandan. Baik itu memakai make up ataupun alat-alatnya.

Kebiasaan buruk ini yang harus diperhatikan karena jika dilakukan secara jangka panjang akan memberikan dampak buruk ke orang yang melakukannya.


6 Kebiasaan Buruk Soal Make Up dan Kecantikan


1. Eksfoliasi Terlalu Keras


Eksfoliasi memang hal baik bagi kulit dan harus rutin dilakukan. Tapi sayangnya banyak yang berlebihan dalam melakukan eksfoliasi. Berlebihan dalam artian memberikan tekanan yang terlalu keras saat eksfoliasi.

Kulit adalah area sensitif yang jika dieksfoliasi secara kasar akan menyebabkan luka, kemerahan, hingga iritasi. 


Carilah scrub pengelupas mikrohalus yang diaktifkan dengan air (juga dikenal sebagai exfoliator fisik). Biasanya yang seperti itu lebih lembut untuk kulit.


2. Rambut Sering Terpapar Alat Panas


Saat ini sudah wajar sekali menata rambut dengan catokan, baik itu diluruskan, gaya gelombang, atau keriting. Catokan yang beredar di pasaran masih menggunakan daya listrik yang mengeluarkan panas. 

Panas yang dikeluarkan oleh catokan dan langsung terkena rambut akan membuat rambut kering dan rusak hingga partikel dalam rambut. Gunakan serum rambut sebelum menggunakan catokan.
 
Selain itu jangan terlalu sering menggunakan catokan. Jika tidak buru-buru biarkan rambut mengering dengan sendirinya atau kering dengan udara.


3. Tidak Merawat Kuku, Tangan, dan Kaki


Kuku, tangan, dan kaki adalah bagian tubuh yang sering dilupakan dan dilewatkan dalam rangkaian perawatan. Apalagi saat sering menggunakan kutek dan jarang memakai pelembab.

Ketika bagian jari-jari kering akan ada kulit-kulit yang mengelupas dan menyakitkan. Maka dari itu harus sering memotong dan mengoleskan dengan coconut oil.


4. Tidak Mencuci Alat Make Up


Berapa banyak Be-emers yang rutin mencuci spons make up, brush, atau sisir? Mencuci alat make up adalah hal penting yang sayangnya sering dilupakan oleh orang-orang. 

Alat-alat make up memang bisa saja kelihatannya bersih dari luar, tapi kita tidak tahu ada berapa banyak bakteri yang tersimpan di dalamnya. 

Saat mencuci alat make up pun harus memastikan alat-alat tersebut sudah kering dengan sempurna karena alat yang tidak kering akan menyimpan lebih banyak bakteri di dalamnya.


5. Tidak Memakai Sunscreen di Musim Hujan 


Indonesia mulai memasuki musim hujan saat ini. Artinya akan ada banyak awan mendung yang menghiasi langit. Arti lainnya tidak akan ada banyak sinar matahari seperti hari-hari sebelumnya.

Biasanya orang-orang akan melewatkan sunscreen dengan dalih tidak ada sinar matahari atau mendung. Padahal sinar matahari akan tetap ada dan kandungan buruk sinar matahari pun akan tetap terkena ke kulit kita.

Maka dari itu penting sekali untuk tetap menggunakan sunscreen walaupun cuaca sedang mendung.

Yuk, jangan melanjutkan kebiasaan buruk di atas lagi Be-emers!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.