Gen Z Curhat Kena Diabetes di Usia Muda, Kenali Cirinya!

Diabetes (Sumber Gambar: Canva)

Diabetes (Sumber Gambar: Canva)

Like

Be-emers pasti tidak asing dengan penyakit diabetes?


Baru-baru ini sosial media dihebohkan oleh salah satu akun X bernama @kafirmasi. Ia menyebutkan bahwa beberapa dari temannya sudah terkena penyakit diabetes kronis di usia 24-27 tahun.

Selain itu penyakit ini muncul bukan karena genetika, melainkan dari faktor pola hidup yang tidak sehat.  Penyakit ini menyerang sistem metabolik yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

Diabetes bisa muncul karena berbagai macam faktor, seperti genetika, stres berkepanjangan, hingga faktor pola hidup yang tidak sehat.

Baca Juga: Dibalik Kewajiban Menjaga Kesehatan Pencernaan: 10 Alasan yang Wajib Anda Ketahui

International Diabetes Federation (IDF) menyatakan bahwa sekitar 536 juta penderita diabetes berusia 20 - 79 tahun. Waduh, usia 20 tahun juga bisa terkena diabetes, lho!


Ternyata, faktor pola hidup yang tidak sehat bisa jadi penyebab utama munculnya penyakit diabetes. 

Anak muda zaman sekarang pasti susah yang namanya terlepas dari minuman manis. Misalnya minuman kopi susu yang saat ini sedang booming. Bahkan, ada orang yang tidak bisa beraktifitas sebelum meminum kopi.  

Untuk menghindari penyakit ini, kenali ciri diabetes yang bisa menyerang usia muda.
 


Ciri Diabetes yang Wajib Diwaspadai:

 

1. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Gula darah yang tinggi membuat ginjal bekerja lebih keras, organ tersebut berusaha mengeluarkan gula berlebih melalui urine. Hal ini sering terjadi saat malam hari. 

Baca Juga: Mengenal Clean Eating, Pola Makan Bersih Sarat Manfaat untuk Kesehatan


2. Mudah Lapar dan Haus

Orang yang terkena diabetes ditandai dengan haus (dehidrasi) dan lapar yang muncul setiap saat. Hal ini disebabkan karena sel tubuh kurang baik dalam menyerap gula sebagai sumber energi dalam tubuhnya.