Tips Berwisata Bersama dengan Bus secara Aman

Like

Mengurangi kecelakaan bus rombongan pariwisata di Indonesia merupakan tantangan yang kompleks dan membutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak. 

Baca Juga: Tips Karyawisata Aman Bagi Siswa, Sekolah Mesti Perhatikan Ini!

Juga meski mungkin tidak bisa menghilangkan resiko 100%, tapi tips berikut bisa kita coba. 
Pastikan kita memilih bus rombongan pariwisata yang memiliki reputasi baik dan terpercaya, dengan standar keamanan yang tinggi.
  1. Untuk kita sendiri hindari membawa barang berlebihan yang dapat mengganggu keseimbangan bus.
  2. Bantu ingatkan sopir dan kondektur bus tentang pentingnya keselamatan dalam perjalanan dengan bus rombongan, bisa dilakukan dengan titip omongan pembawa acara sebelum berwisata.
  3. Melakukan perjanjian dengan sopir dan kondektur bus, bahwa penumpang boleh menegur jika ada sesuatu yang kurang nyaman, bahkan tidak segan-segan untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang jika terjadi pelanggaran lalu lintas.
  4. Membantu menghitungkan jumlah jam perjalanan sopir (bisa dilakukan dengan mencari tempat wisata yang sesuai, atau jika memang perjalanannya harus jauh mintalah sopir cadangan), untuk mengurangi kelelahan pada sopir dengan menjaga jam kerja yang sesuai.
  5. Jangan ragu untuk memberitahu sopir atau pengusaha bus jika kita merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi bus.
  6. Hindari meminta sopir untuk melakukan hal yang tidak aman.
Jika perlu, tingkatkan koordinasi dan komunikasi antara pihak berwenang untuk mencegah dan menanganinya.

Baca Juga: Fakta tentang Kecelakaan Maut Bus di Subang Tewaskan 11 Orang

Berikan feedback dan saran kepada pengusaha bus setelah perjalanan, terutama jika Anda merasa ada hal-hal yang dapat diperbaiki.


Dengan usaha menjaga keselamatan tersebut, semoga wisata tetap aman dan nyaman, keuntungan wisata pun dapat didapat secara optimal.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung