Dana 117 T Dipersiapkan oleh Korsel untuk Memenangi Perang Industri Chip

(Sumber gambar: Pinterest)

(Sumber gambar: Pinterest)

Like

Sejumlah negara semakin serius berinvestasi dalam pembangunan industri cip mereka. Korea Selatan saat ini sedang menyiapkan paket dukungan untuk investasi dan penelitian chip. 

Pada tanggal 12 Mei 2024, Menteri Keuangan Korea Selatan yaitu Choi Sang-mok mengatakan bahwa Pemerintah Korea Selatan sedang mempersiapkan investasi senilai 10 Triliun Won atau yang setara dengan 117 Triliun Rupiah. 

Melansir dari laman internasional.kontan.co.id, Choi, dalam pertemuan dengan para eksekutif pembuat peralatan cip dalam negeri, mengatakan bahwa program stimulus Korea Selatan dapat mencakup pinjaman hingga pendanaan baru, yang dapat dibiayai oleh lembaga keuangan negara dan swasta.

Saat ini, Korea Selatan juga membangun klaster mega cip di Yongin, di selatan Seoul. Ini dianggap sebagai kompleks teknologi canggih terbesar di dunia.

Baca Juga: Mengentaskan Middle Income Trap, Indonesia Bisa Belajar dari Korea Selatan


 

Produksi Chip Global diperkirakan akan Menyalip Posisi Taiwan

Menurut laporan yang dikeluarkan pada Kamis oleh Asosiasi Industri Semikonduktor (SIA) dan Boston Consulting Group (BCG), Korsel akan menyumbang 19% produksi semikonduktor global pada tahun 2032, mencapai output tertinggi sepanjang masa.

Ini akan mencapai rekor tertinggi untuk menempati posisi kedua di dunia setelah China, yang diproyeksikan mencapai 21% pada tahun 2032.