Sering Kena Gaslighting di Tempat Kerja? Berikut Cara Menghadapi Gaslighting!

(Sumber gambar: Pinterest)

(Sumber gambar: Pinterest)

Like

Gaslighting, adalah sejenis bentuk manipulasi secara psikologis yang bertujuan untuk meragukan ingatan, persepsi, dan kewarasan seseorang, yang dimana hal tersebut sering masuk ke lingkungan kerja. 

Gaslighting tidak hanya merugikan orang secara pribadi, tetapi juga dapat menyebabkan lingkungan kerja yang toxic, mengurangi produktivitas, menurunkan kepercayaan diri, dan mengancam kesejahteraan mental.



Cara Mengatasi Gaslighting di Tempat Kerja

1. Mendokumentasikan Perilaku Gaslighting yang Diterima

Dokumentasi akan membantu Anda menganalisis dan mempermudah tindakan gaslighting. Selain itu, Anda dapat menunjukkannya kepada orang-orang yang Anda percaya untuk menceritakan apa yang sedang Anda alami.

Jika dibutuhkan, dokumentasi juga dapat berfungsi sebagai bukti. Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dari pesan yang dikirim oleh gaslighter.

Jika Anda melakukannya secara langsung, catat tanggal dan detail peristiwa. Usahakan untuk berinteraksi melalui media yang dapat dilihat.


Misalnya, lakukan percakapan yang dapat digunakan sebagai bukti dengan mengirimkan laporan melalui email daripada meninggalkannya di meja.


Baca Juga: 6 Tips Menjaga Mental Tetap Aman Ketika Bekerja di Bawah Tekanan



2. Fokus ke Diri Sendiri

Saat Anda sedang menghadapi perilaku gaslighting, Anda harus memberi tahu diri sendiri bahwa Anda tidak perlu merasa bersalah karena Anda tidak melakukan kesalahan apa pun.

Untuk mengurangi efek yang biasa terjadi pada korban karena merasa meragukan diri, kurangi self talk negative. 

Bicaralah dengan pihak ketiga tentang masalah yang Anda hadapi. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa orang yang diajak bicara memiliki sikap yang mendukung.

Ini penting karena mendapatkan dukungan dari orang lain dapat membantu menenangkan diri dan memberi tahu Anda bahwa perasaan yang sedang Anda alami benar-benar benar.