Fakta dibalik Upaya Pembunuhan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico

Like

Fakta dibalik Upaya Pembunuhan Robert Fico

Di kota Handlova di tengah Slovakia, ketika Fico sedang berjalan di tengah kerumunan orang-orang setelah mengadakan pertemuan pemerintah, saksi mata mendengar empat tembakan dan melihat perdana menteri jatuh ke tanah.

Polisi menangkap dan menahan seorang tersangka, Juraj C, yang berasal dari kota Levice barat. Pemerintah menyatakan bahwa Fico berada dalam "kondisi yang mengancam nyawa" dan sedang dirawat di rumah sakit terdekat di Banska Bystrica.  

Melansir dari laman internasional.kontan.co.id, Pelaku penembakan yang diperkirakan berusia 59 tahun menembak Fico sebanyak lima kali, hingga membuatnya sempat dalam kondisi kritis dan harus menjalani operasi.

Baca Juga: Perceraian Hingga Kasus Pembunuhan dalam Rumah Tangga: Apakah Hanya Karena Faktor Keuangan?

Sementara itu, Robert Kalinak, Menteri Pertahanan, menyatakan bahwa Fico mengalami politrauma serius sebagai akibat dari beberapa luka tembak yang dia alami.


Fico dibawa ke rumah sakit di Handlova, tempat dia memimpin rapat pemerintah setelah serangan itu. Dia kemudian diangkut untuk perawatan darurat ke Banska Bystrica, ibu kota daerah. 

Upaya pembunuhan terjadi saat perpecahan politik di Slovakia meningkat, dengan pendukung Fico menuduh dia mencoba membangun negara mafia. Kekacauan di negara itu disebabkan oleh sekutu-sekutunya dan media lokal.

Setelah penembakan, beberapa pendukung Fico menyatakan bahwa media "liberal" dan lawan politiknya adalah penyebab ketegangan di negara itu.  




------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung