Membangun Personal Branding Penulis Melalui Portofolio Tulisan yang Memikat

Like

Untuk membuat portofolio efektif, berikut ini langkah-langkahnya

1. Informasi Personal

Sedikan informasi personal yang jelas, termasuk nama, kontak, ringkasan tentang diri anda , selanjutnya cantumkan keahlian utama anda dan keterampilan teknis maupun soft skill.



2. Karya Terbaik

Cantumkan contoh karya terbaik dalam pencapaian Anda. Pastikan untuk memberikan informasi kontekstual tentang setiap proyek, termasuk tujuan, peran Anda, dan hasilnya.

Pilih platform untuk portofolio Anda, seperti situs web pribadi, platform khusus portofolio, atau bahkan media sosial profesional.

 

3. Bidang atau Fokus Utama

 Selanjutnya, tentukan bidang yang akan menjadi fokus utama portofolio Anda, sesuai dengan minat dan tujuan karier Anda.

Ingatlah untuk menyajikan satu portofolio untuk setiap perusahaan yang Anda lamar, dengan menyesuaikan konten untuk mencerminkan kebutuhan dan nilai perusahaan tersebut.


 

4. Info Kontak

Pastikan bahwa selalu pilih platform kontak terupdate dengan baik, sesuaikan portofolio sesuai dengan kebutuhan Perusahaan yang sedang Anda lamar.

Baca Juga: Langkah Membangun Portofolio Menulis yang Menarik dan Sesuai Kebutuhan Profesional

 

5. Pilih Platform

Untuk pembuatan portofolio, plilihlah platform yang sudah Anda sedikan, misalnya blogpost atau wordpress
 


6. Hindari Pembuatan 1 Portofolio untuk Semua Perusahaan

Pelajaran yang penting untuk Anda dalam melamar pekerjaan, jangan buat 1 portofolio untuk seluruh lamaran ke seluruh Perusahaan.

Tiap Perusahaan punya bidang khusus, buatlah spesifik sesuai dengan bidang Perusahaan.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat membuat portofolio yang menonjol dan memukau, memperkuat citra profesional Anda dan meningkatkan peluang Anda dalam dunia kerja.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung