Membangun Personal Branding Penulis Melalui Portofolio Tulisan yang Memikat

pexels.com

pexels.com

Like

Jika Anda ingin melamar pekerjaan sebagai penulis di suatu perusahaan,  bagaimana perusahaan mampu mengetahui keterampilan menulis Anda?

Jawabannya pasti dari portofolio.  Loh mengapa bukan dari curriculum vitaeCurriculum vitae adalah data pribadi Anda sendiri seperti usia, pendidikan, pengalaman kerja.

Secara umum, portofolio adalah kumulan hasil kerja  atau karya seseorang yang disusun secara sistematis.  

Dibuat sistematis agar memudahkan proses penilaian terhadap komptensi seseorang.

Namun, bagi pemula pasti bingung bagaimana caranya untuk buat portofolio. 
Jangan khawatir Kak Dhesta Alfianti, Corporate Communication  PT. Kimia Farma Trading dan Distribution telah membagikan pengalaman dalam pembuatan portofolionya.


Dimulai dari magang setelah lulus, Kak Dhesta  bekerja di start-up yang bergerak di bidang kehutanan,  mengikuti beberapa proyek-proyek seperti fast fashion, pencemaran air, sampai pembuatan tulisan di blog Kamar Pelajar (topiknya bervariasi, varian omicron, Country Counter, Sebuah Tindakan Narisis) sampai akhirnya artikel yang formal (press release) dan annual report di Perusahaan Kimia Farma Trading & Distribution.


Baca Juga: Tren Nge-Jurnal untuk Redakan Gejala Depresi, Mau Coba?

 

Tips Karya Tulisan

Sebelum membuat portofolio,  Anda harus mengenal dulu beberapa tips dan triknya.

1. Mengenali Kebutuhan Perusahaan

Setelah diterima sebagai penulis di Perusahaan, pelajari dulu Perusahaan ini bergerak bidang apa, segmentasi, website dan gaya bahasa serta siapa audience
.
 

2. Mengenali Segmen Pembaca

Pemilihan objek atau sasaran tulisan, merujuk kepada siapa tulisan itu akan ditujukan.  Jika kita ingin menulis, dia harus dapat membidik siapa yang diharapkan akan membaca tulisan tersebut

 

3. Annual Report

Annual Report atau laporan tahunan sifatnya legal dan menjadi persyaratan tahunan yang harus dijalankan perusahaan. 

Mengapa?  Hal ini merupakan tanggung jawab atau transparansi Perusahaan tentang kegiatan operasional dan keuangan selama setahun terakhir.

Cara membuat company’s profile dengan memperbarui data, metode penulisan, copywriting dan membuat pencetakan percobaan sebelum publikasi massal.  Mendistribusikan Laporan Tahunan berjalan baik.

 

4.  Company’s profile

Gambaran menyeluruh mengenai identitas, visi, misi, aktivita Perusahaan. Company’s profile sebagai alat penting untuk memperkenalkan Perusahaan kepada mitra bisnis, atau calon investor potensial.

Sekarang saatnya kita belajar membuat dan menyun portofolio

Portofolio sebagai alat viatal bagi professional memamerkan kemampuan dan pencapaian kepada Perusahaan.