Langkah Membangun Portofolio Menulis yang Menarik dan Sesuai Kebutuhan Profesional

Bisnismuda. id

Bisnismuda. id

Like

Profesi penulis kini semakin banyak yang mengincar. Namun, dari sekian banyak penulis tidak banyak yang memahami apa dan bagaimana membangun portofolio menulis sehingga terbuka peluang karir menjajikan untuk masa depan.

Tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa portofolio sama dengan CV biasa sehingga penulis merasa tidak perlu membuatnya karena tidak sedang melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Namun, sebenarnya portofolio juga berguna dan bermanfaat untuk hal lainnya. Sebagai contoh bagi kamu yang ingin mengajukan beasiswa maka portofolio penting untuk dibuat.

Sebab dengan adanya portofolio kita bisa membuktikan skill dan kemampuan menulis kita. Selain itu kita juga bisa meng-highlight karya tulis kita.

Dalam prosesnya pembuatan portofolio juga akan membuat kita menemukan keinginan untuk memperbaiki kualitas isi portofolio kita sendiri sehingga semakin termotivasi untuk terus berkarya.


Seperti yang telah disinggung dalam artikel sebelumnya. Kemampuan menulis ini tentu tidak datang secara tiba-tiba maka dengan membuat portofolio menulis kita tengah mengasah kemampuan menulis itu sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut pengertian portofolio dan CV. 



Pengertian Portofolio dan CV

Portofolio adalah kumpulan karya atau hasil kerja seseorang yang disusun dan dipresentasikan untuk menunjukkan kemampuan, pencapaian, dan pengalaman di bidang tertentu.

Baca Juga: Arti Pentingnya Menulis Buku: Menjadi Warisan dan Inspirasi

Portofolio biasanya mencakup contoh-contoh karya yang sudah pernah dibuat, proyek-proyek yang telah diselesaikan, serta dokumentasi proses kerja dan hasil akhir.

Portofolio banyak digunakan dalam bidang kreatif seperti desain grafis, arsitektur, seni rupa, fotografi, dan penulisan.

 

CV atau Curriculum Private

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang merangkum riwayat hidup seseorang, termasuk pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, pencapaian, dan informasi lainnya yang relevan dengan pekerjaan atau posisi yang dilamar.

CV biasanya mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, pengalaman profesional, keahlian, serta prestasi atau penghargaan yang pernah diraih.

Setelah mengetahui pengertian portofolio dan CV, kita bisa mengetahui apa persamaan dan perbedaan keduanya.

Untuk selanjutnya bagaimana cara membuat portofolio khususnya portofolio menulis?