3 Kandungan Skincare yang Perlu Kamu Ketahui Manfaat dan Dampaknya!

Probiotik, Prebiotik, dan Postbiotik pada Skincare

Probiotik, Prebiotik, dan Postbiotik pada Skincare

Like

Beberapa brand skincare baik dari dalam ataupun luar negeri sedang ramai dengan bahan dasar yang berupa probiotik, prebiotik, dan postbiotik. Sebenarnya apa bahan tersebut?
 

Mikrobiom Kulit

Sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita kenalan dahulu dengan mikrobiom kulit.  Mikrobiom kulit adalah komunitas mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, dan virus, yang hidup di permukaan kulit.

Mikrobiom kulit ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan keindahan kulit. Jika mikrobiom kulit ini terganggu, maka akan terganggu juga kesehatan kulit, seperti kulit kering, berjerawat, iritasi, penuaan dini, dan sebagainya.

 

Probiotik, Prebiotik, dan Postbiotik

Sekarang mari kita kenalan dengan probiotik, prebiotik, dan postbiotik. Probiotik adalah makhluk hidup kecil yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk menjaga keseimbangan mikrobiom di dalam tubuh, termasuk di kulit. 

Contoh probiotik antara lain Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Saccharomyces. Makhluk-makhluk ini dapat membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Namun, penggunaan probiotik ini di dalam skincare masih sulit, karena bakteri hidup rentan terhadap kematian dan bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Oleh karena itu, penggunaan probiotik masih sangat terbatas dalam skincare.


Baca Juga: Yuk Kenalan Sama Niasorcinol, Kandungan Skincare yang Canggih

Beberapa sumber juga mengatakan, meskipun skincare tersebut bertuliskan “probiotik” bukan berarti skincare tersebut benar-benar mengandung makhluk yang hidup.

Hal ini karena skincare itu sendiri sudah mengandung pengawet yang mencegah makhluk hidup untuk hidup. Hanya, maksud “probiotik” tersebut adalah mendukung makhluk hidup baik yang ada di kulit kita untuk terus hidup dan berkembang.

Prebiotik adalah sumber makanan bagi makhluk hidup kecil tersebut. Contoh prebiotik antara lain hidrolisat whey protein. Hidrolisat ini merupakan jenis prebiotik yang diperoleh dari produk susu. 

Postbiotik adalah hasil dari metabolisme makhluk hidup kecil. Contoh postbiotik yang digunakan di dalam skincare, antara lain Lactococcus Ferment Lysate, Bifida Ferment Lysate, dan Streptococcus Thermophilus Ferment