Harga Emas Dunia Naik? Berikut Faktanya

(Sumber gambar: Pinterest)

(Sumber gambar: Pinterest)

Like

Harga emas naik ke level tertinggi. Harga emas dunia melonjak karena berbagai alasan, termasuk ketegangan geopolitik yang meningkatkan permintaan, ekspektasi penurunan suku bunga AS, dan stimulus Tiongkok.

Tak hanya emas, perak juga mencapai level tertinggi dalam lebih dari setahun. Namun, perdagangan hari ini, harga emas Logam Mulia yang diproduksi PT Aneka Tambang (Persero) Tbk turun. sementara harga emas global sedang naik.

Harga emas Antam pada Selasa (21/5/2024) dihargai Rp1.358.000/gram, turun Rp5.000 dari posisi hari sebelumnya.

Harga pembelian kembali, atau buyback, Antam berada di Rp1.251.000/gram, juga turun Rp5.000 dari posisi hari sebelumnya.

Melansir dari laman bloombertechnoz.com, saat harga emas global naik, harga emas Antam turun. Harga emas global di pasar spot kemarin naik 0,49% hari sebelumnya dan berada di posisi tertinggi sepanjang masa.


Harga emas masih naik pagi ini. Pada pukul 08:26 WIB, harganya naik 0,27% ke US$ 2.432,23 per troy ons. 



Faktor yang Mendorong Harga Emas

Peningkatan kepemilikan bank sentral Tiongkok juga mendorong harga emas. Menurut analis Kitco Metals, peningkatan penghindaran risiko (risk aversion) disebabkan oleh kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter.

Sementara itu, pengumuman Tiongkok mengenai langkah-langkah "bersejarah" untuk menstabilkan sektor properti yang terkena krisis telah menyebabkan lonjakan harga emas, yang menarik perhatian beberapa analis.

Tiongkok adalah konsumen utama emas dan industri logam lainnya. Harga perak di pasar spot juga naik 2,2% menjadi USD 32,17 setelah mencapai titik tertinggi dalam satu dekade.