UKT Meningkat, 4 Negara ini Gratiskan Biaya Kuliah Tanpa UKT

(Sumber gambar: Pinterest)

(Sumber gambar: Pinterest)

Like

Biaya pendidikan perguruan tinggi di Indonesia telah menjadi perhatian publik beberapa waktu terakhir. Pada pekan sebelumnya, Komisi X DPR RI memanggil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim untuk berbicara tentang masalah ini.

Diketahui bahwa sejumlah universitas negeri melihat kenaikan tajam Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga 500 persen, yang memicu protes mahasiswa.

Karena itu, Nadiem menyatakan bahwa tarif baru UKT memenuhi prinsip keadilan. Dia menyatakan bahwa siswa yang memiliki kemampuan keuangan harus membayar lebih banyak daripada siswa yang tidak memiliki kemampuan keuangan.

Dengan melihat situasi mengenai pendidikan di Indonesia saat ini, ada beberapa negara yang memberikan fasilitas berupa biaya kuliah gratis tanpa UKT. 

Baca Juga: Mahasiswa Miskin Dilarang Kuliah, Perguruan Tinggi Hanya Kebutuhan Tersier




Negara dengan Biaya Kuliah Gratis

1. Finlandia

Finlandia adalah salah satu negara maju di Eropa Utara yang terkenal dengan sistem pendidikannya yang terbaik.

Selain membebaskan biaya pendidikan, negara Finlandia menawarkan banyak program pendidikan berbahasa Inggris yang memungkinkan siswa asing untuk bersekolah di negara tersebut.

Tetapi perlu diingat bahwa pemerintah Finlandia hanya membebaskan biaya pendidikan tetapu biaya hidup dan tempat tinggal tetap menjadi tanggung jawab individu.

Bayangkan jika Anda hanya perlu mempertimbangkan biaya sehari-hari dan tempat tinggal tanpa harus mempertimbangkan biaya kuliah.