Mau Mulai Buka Usaha? Yuk Pahami Dulu Hal Ini..

Ilustrasi

Ilustrasi

Like

Siapa yang tak ingin menjadi PENGUSAHA, profesi yang satu ini menjadi incaran dan masih menjadi primadona bagi siapapun dari kalangan muda hingga dewasa.

Namun bila diperhatikan menjadi pengusaha itu tak semudah yang dibayangkan. Perlu perencanaan yang matang serta effort yang luar biasa agar usaha yang dirintis bisa tumbuh dan berkembang.

Bisa diibaratkan membangun usaha itu layaknya menanam pohon, butuh kesabaran yang ekstra, butuh tehnik dalam menanam dan merawatnya, butuh pupuk untuk menggeburkannya. Pun sama dengan merintis usaha butuh berbagai macam resep agar usaha yang kita rintis diawal bisa tumbuh syukur-syukur bisa menjamur dan merajai bisnis di Indonesia.

Bagi yang ingin menggeluti usaha, yuk simak beberapa poin penting yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:
 
Membuat Perencanaan Usaha

Perencanaan yang matang akan mempermudah alur proses bisnisnya sehingga kedepannya akan jauh lebih mudah untuk bisa mengembangkannya. Buat pemula sebaiknya dibuat Rancangan Anggaran Biaya sehingga nanti bisa menghitung apakah bisnis yang dijalankan sudah balik modal atau tidak.


Untuk modal sendiri biasanya terdiri atas modal sebagai berikut jika usaha offline dibagi menjadi modal sewa tempat, modal bahan baku hingga modal untuk membeli peralatan.

Berbeda dengan usaha jalur online, tidak dibutuhkan biaya sewa tempat sehingga modal ini bisa dialokasikan untul modal produk maupun SDM.
 
Kenali Jenis Usaha Yang Mau Dirintis

Modal sudah ada, biasanya hal paling membingungkan adalah jenis usaha yang hendak dirintisnya nah ini patut diperhatikan. Biasanya bisnis yang terus itu karena sesuai dengan passion dan keahlian kita sebagai pemilik usaha. Sehingga bisa kreatif dan inovatif untuk terus menciptakan produk-produk baru.

Dengan memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian, harapannya adalah bisa mengelola dengan baik usahanya.
 
Mempersiapkan Karyawan

Poin ini merupakan kunci dari keberlangsungan usaha. Banyak usaha yang mandeg karena masalah SDM dari mulai karyawan yang tidak jujur, kurang cakap dalam bekerja, kurang disiplin dan segudang permasalahan karyawan yang biasanya jika tidak dipersiapkan dengan baik mengganggu operasional usaha yang dirintis.

Untuk itu penting sekali menentukan siapa saja SDM yang bisa dipercaya terlibat dalam usaha kita. Perlu diperhatikan juga apabila usaha bersama dengan keluarga maupun teman, ada baiknya dipertegas komitmen usaha sedari awal agar tidak terjadi perselisihan dikemudian hari.
 

Pengusaha

Pengusaha

Jangan Mudah Menyerah

Hal yang paling dihindari sebagai enterpreneur pemula itu adalah jangan cepat menyerah. Usaha memang jauh berbeda jika dibandingkan dengan pekerjaan sebagai karyawan yang tak perlu banyak memikirkan keberlangsungan usaha. Akan banyak badai yang harus dilalui sehingga mau tak mau butuh mental kuat agar bisa menghadapi tantangan dalam usaha. Maka siapkan kekuatan fisik dan psikis saat merintis usaha baru.

Nah beberapa hal ini sebagai gambaran yang perlu dipahami sebelum membuat usaha sendiri. Jika tidak siap dengan segala resiko maka fikirkan kembali niatnya untuk menjadi pengusaha. Merintis usaha sendiri akan banyak sekali godaannya namun kembali lagi itu semua pada diri sendiri bagaimana menghadapinya.

Apabila bisa melewati masa kritis dan terus berinovasi, maka usaha akan terus berkembang.

Jadi, sudah siapkah untuk menjadi pebisnis pemula?