Yuk, Ubah Hobi Jadi Pundi-pundi!

Bisnis Muda
Like

Pandemi COVID-19 telah menumbangkan banyak sisi kehidupan. Perekonomian memburuk membuat banyak usaha terpuruk. Karyawan dirumahkan, juga banyak orang kehilangan penghasilan. Tapi, jangan berkecil hati. Mari kita tetap semangat mencari rezeki! Yuk, cari peluang dengan mengubah hobi jadi pundi-pundi. Diantaranya, ini dia:


1. Hobi Masak

Punya keahlian memasak? Kenapa enggak dikembangkan dengan berjualan makanan yang enak! Coba dulu jual ke orang terdekatmu, teman, tetangga atau saudara. Tanya juga pendapat jujur mereka, rasanya kurang apa. Setelahnya, buat foto yang menarik dan tentukan harga. Sudah, ...bisa deh mulai jualan produknya! Oh ya, sediakan juga jasa antar ke rumah jika memungkinkan yang akan membuat pembeli makin dimudahkan.


2. Hobi Dagang


Punya hobi dagang dan tekun jualan? Yuk miliki toko online dari rumah tanpa perlu sewa tempat tapi bisa dapat untung berlipat! Tinggal pilih, jika kamu punya produk sendiri bisa dijual lewat marketplace yang banyak tersedia atau lewat akun media sosial yang kamu punya. Dan kalaupun mau praktis tanpa pusing mikirin produksi, kamu bisa pilih jadi reseller atau dropshipper saja. Bedanya,  kalau reseller itu menjual kembali barang yang dibeli dari orang lain, kalau dropshipper menjual barang dagangan milik orang lain tanpa menyetok barangnya. 


3. Hobi Menulis

Hobi menulis memiliki peluang yang menjanjikan. Membuka jasa content writer adalah salah satunya. Menulis dengan beraneka tema untuk mengisi konten di berbagai media dengan sistem bidding juga rewarding. Bisa juga menulis e-book, menjadi ghost writer, mencoba berkarya di berbagai platform menulis online yang ada atau pilih memiliki blog pribadi saja. Jangan lupa aktif juga di komunitas kepenulisan untuk menambah teman, wawasan pun mendapatkan informasi terkait pekerjaan.


4. Hobi Jahit

Pandemi mewajibkan kita melakukan social distancing. Jika pun tetap berkegiatan, memakai masker adalah kewajiban. Nah, jika kamu hobi menjahit kenapa enggak coba bikin masker kain saja. Buat yang motif dan desainnya beda. Atau jahit hijab dan jaket yang dilengkapi penutup muka. Lagi laris manis itu, siapa tahu bisa jadi peluang usahamu!


5. Hobi Berkebun

Buat kamu yang telaten merawat tanaman bisa juga lho menjadikan hobi ini sebagai sumber pundi-pundi. Apalagi, kini digalakkan urban farming, menanam tanaman pangan sendiri untuk dikonsumsi. Nah, kenapa enggak diseriusi hobi ini? Misalnya, kamu melakukan pembibitan sekian pohon cabe. Lalu dijual ke teman atau tetangga bibit-bibit yang sudah jadi ini. Atau tanam kangkung, dan saat panen selain dikonsumsi sendiri juga bisa dijual sebagian lagi. Oh ya, selain sayuran, usaha bunga juga bisa dikembangkan. Melakukan pembibitan dan menjual anakan di pot-pot yang siap untuk dikirimkan jika ada yang pesan. Dan enggak hanya itu, tanaman obat keluarga pun sekarang banyak dicari orang. Membibitkan kunyit, jahe, sirih dan lainnya. See, hobi berkebun selain bikin hijau pekarangan juga bisa menambah penghasilan!


6. Hobi Crafting

Suka merajut, membuat pernak-pernik, aksesories...dan barang kerajinan lainnya? Coba jual saja! Produk handmade yang biasanya unik dan beda ini akan membuat orang tertarik memiliki. Baik untuk diri sendiri atau jadi hadiah buat orang tersayang. Buat foto yang keren dan promosikan di media sosial kamu dan nantikan pesanan!


7. Hobi Desain

Mau itu desain baju, rumah, website....pokoknya yang terkait rancang merancang. Di luar sana ada yang memerlukan jasanya. Tawarkan saja kebisaan kita dalam hal desain ini. Apalagi kini semua bisa dilakukan online tanpa tatap muka. Sehingga kita bisa mengerjakannya dari rumah saja.


8. Hobi Mengajar

Pandemi membuat kegiatan belajar megajar dijalankan secara jarak jauh. Banyak kelas online dibuka. Ini membuka peluang bagi kamu yang punya ilmu untuk mengajarkannya pada sesama. Kenapa tidak mengajukan diri menjadi pengajar di salah satu aplikasi itu, atau membuka kelas privat online sendiri sesuai bidangmu?


9. Hobi Foto/Video

Punya kebisaan membuat foto atau video? Yuk coba peluang menjual foto ke aplikasi yang mau membeli, menampilkannya di media sosial kita atau menerima jasa fotografi produk, misalnya. Video pun sama, bisa ditekuni dengan membuat konten keren yang selanjutnya membuat kita dilirik brand .


10. Hobi Main Game

Hobi nge-games? Manfaatkan saja jadi peluang usaha. Sehingga kamu tidak hanya terhibur karenanya tapi juga bisa jadi peluang usaha.

Nah, itulah beberapa hobi yang bisa kamu ubah jadi pundi-pundi. Mungkin pandemi ini adalah saat yang tepat untuk bisa membangun bisnismu sendiri. Kamu bisa memulai dengan modal yang ada. Karena sejatinya, bisnis yang baik adalah yang memiliki proses, bukan semata hasil besarnya.

Tetap semangat, ya!