Dampak Negatif Kepemimpinan Micromanagement yang Masih Banyak Terjadi di Dunia Kerja

Like

Meskipun stres ini juga bisa dirasakan oleh atasan karena seorang pemimpin tentunya mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan bawahan.

Namun, gaya kepemimpinan ini cenderung lebih berdampak kepada staf atau bawahan yang merasa dikendalikan atau dikekang yang akhirnya menghasilkan kinerja yang kurang baik. 

Selain itu, potensi kinerja karyawan juga akan menurun dan sulit berkembang karena seorang micromanagement lebih cenderung suka menutup diri dari masukan orang lain dan jarang melibatkan kontribusi dan masukan dari tim ketika mengambil keputusan.

Sikap-sikap inilah yang membuat karyawan merasa takut atau segan untuk melakukan inisiatif dan berinovasi karena sudah bisa menduga jika idenya pasti akan ditolak. 

Baca Juga: 10 Ide Kerja Sampingan Cuan Tanpa Menggangu Pekerjaan Utama


 

Bagaimana Jika Sudah Terjebak? 

Kalau kamu sudah terlanjur berada di kondisi tim dengan atasan bergaya micromanagement, kamu bisa mencoba untuk bernegosiasi dengan atasan untuk mendelegasikan tugas atau pekerjaan. 

Caranya dengan membuatnya yakin jika kamu mampu menyelesaikan dengan baik. Selain itu tunjukan kemampuan dan kapasitas diri di setiap pekerjaan yang sedang kamu tangani untuk meningkatkan kepercayaan di mata atasan.

Jangan lupa juga untuk membuat laporan pekerjaan secara berkala tanpa harus diminta terlebih dahulu. 

 

Ilustrasi Micromanagement/Canva

Ilustrasi Micromanagement/Canva


Hindari sikap impulsif dengan terburu-buru mencari kantor atau pekerjaan baru ketika kita dihadapkan dengan kondisi lingkungan kerja micromanagement.

Jika masih bisa bernegosiasi dan membangun kerjasama tim yang sehat, maka bukan hanya kemampuan diri yang bisa meningkat, tetapi juga performa tim yang pasti juga mampu mencapai target yang diinginkan.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung