10 Ide Kerja Sampingan Cuan Tanpa Menggangu Pekerjaan Utama

Ilustrasi kerja dari rumah sumber gambar kompas.com

Ilustrasi kerja dari rumah sumber gambar kompas.com

Like
Seringkali kita merasa cemas jika harus keluar dari zona nyaman. Hal inilah yang memungkinkan seseorang enggan meninggalkan pekerjaan utama karena khawatir tidak dapat lagi bekerja seperti biasanya. 
 
Meskipun penghasilan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Ingin melakukan pekerjaan sampingan tetapi khawatir pekerjaan utama terganggu.

Berikut 10 ide pekerjaan sampingan yang dapat menghasilkan uang tanpa mengganggu pekerjaan utama:
 
 

1. Penulis Lepas (Freelance Writer)

Menulis artikel, blog, atau konten untuk berbagai klien. Pekerjaan ini bisa dilakukan di waktu luang dan biasanya bisa dikerjakan dari rumah. Blog seperti Bisnis muda bisa menjadi pilihan kamu mempublish karya. 
 
 

2. Guru Les Privat (Private Tutor)

Mengajar pelajaran tertentu atau keterampilan khusus seperti musik, bahasa, atau matematika. Les privat bisa dijadwalkan di malam hari atau akhir pekan sesuai dengan waktu luang kamu.
 

3. Jualan Online

Saat situs penjualan online berkembang pesat. Budaya belanja online semakin banyak diminati. Hal ini bisa dijadikan peluang untuk menghasilkan uang, yaitu dengan menjual produk melalui platform. 

Jika tidak memiliki modal kita juga bisa menjadi mitra atau bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki toko dalam aplikasi.
 
 

4. Desainer Grafis Lepas ( Freelance Graphic Designer) 

Membuat desain grafis untuk logo, brosur, media sosial, dan lainnya. Ini bisa dilakukan di waktu luang dan kebanyakan pekerjaan dapat dikerjakan secara remote.
 
 

5. Dropshipping 

Tidak membutuhkan modal materi, cukup dengan tenaga, waktu dan kemauan, menjalankan bisnis dropshipping bisa menjadi pilihan.

Kamu bisa menjual produk tanpa harus menyimpan stok. Kamu hanya perlu memasarkan produk, dan pemasok akan mengurus pengiriman.