Malu-malu Negosiasi Gaji Saat Melamar Kerja? Ini Hal yang Harus Kamu Lakukan!

(Sumber gambar: Pinterest)

(Sumber gambar: Pinterest)

Like

Negosiasi gaji adalah percakapan antara karyawan dan perusahaan saat ini atau calon perusahaan tentang gaji yang diharapkan.

Bagi perusahaan, divisi sumber daya manusia bertanggung jawab untuk melakukan negosiasi gaji dan bertanggung jawab untuk menemukan kesepakatan antara keinginan perusahaan dan keinginan karyawan.

Proses negosiasi memungkinkan perusahaan mendapatkan karyawan terbaik dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan perusahaan, sementara bagi karyawan, negosiasi gaji dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan terbaik.



Tips Mempersiapkan Diri dalam Menegosiasi Gaji

1. Persiapkan Data Jauh-Jauh Hari

Mereka yang pemalu dapat tertawa oleh karena memiliki ekspektasi gaji yang terlalu tinggi. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang besaran gaji yang akan Anda terima di tempat kerja baru Anda, termasuk besaran gaji rata-rata untuk setiap posisi di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pusing Gara-Gara Tapera, Potongan yang Jadi Polemik di Masyarakat!


Anda dapat menemukan informasi ini melalui situs web pencari kerja. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan laporan gaji yang dirilis oleh beberapa perusahaan di Indonesia.

Ajukan penawaran gaji untuk perusahaan baru dengan data ini.



2. Jangan Ragu-Ragu

Banyak kesempatan emas yang hilang karena kita takut atau malu untuk menanyakan lebih lanjut. Oleh karena itu, sebelum masuk ke tahap negosiasi gaji, ketahuilah kebutuhan Anda.

Baca Juga: Macam-Macam Potongan Gaji Karyawan, Sekarang Tambah Tapera!

Buatlah grafik arus kas berdasarkan jumlah uang yang Anda hasilkan dan apa yang Anda keluarkan. Jangan ragu untuk memintanya jika Anda tahu berapa gaji yang ideal.