UU Kesejahteraan Ibu dan Anak, Jaminan Kesetaraan dan Kesempatan Kerja Bagi Perempuan

Like

Salah satu poin penting dalam UU ini adalah perpanjangan durasi cuti melahirkan dan tetap diberikan gaji penuh.

Ini akan memberikan waktu yang cukup bagi ibu untuk pulih pasca melahirkan dan merawat bayi mereka. Dalam jangka panjang, hal ini dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental ibu serta anak.

Perusahaan yang menerapakan kebijakan ramah keluarga cenderung memiliki karyawan yang loyal dan produktif.

Karyawan yang sehat secara fisik dan mental cenderung lebih produktif dan kreatif. Perusahaan yang aktif dan mendukung hak-hak perempuan dan kesejahteraan keluarga akan mendapatkan citra positif di mata publik.

Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi branding perusahaan, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan dan dukungan dari pelanggan dan mitra bisnis.


UU Kesejahteraan Ibu dan Anak merupakan langkah positif yang sangat diperlukan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja perempuan.

Dengan memberikan perlindungan hukum yang kuat, cuti melahirkan yang layak, dan fasilitas pendukung di tempat kerja, UU ini tidak hanya menguntungkan bagi para pekerja perempuan, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

Hak perempuan untuk bekerja dan dan mendapatkan perlakuan yang pantas dan fasilitas yang mendukung kesejahteraan mereka dan keluarganya adalah hak yang harus dihormati oleh semua pihak.

Baca Juga: Anak Muda Wajib Tahu Biar Enggak Jadi Generasi Benalu!

Pengesahan UU ini masih menuai kontroversi serta kontradiksi dari berbagai pihak terutama perusahaan menengah.

Di samping itu, data menunjukan lebih banyak perempuan yang bekerja di sektor informal dari pada berkarir di sektor formal seperti nelayan, petani, buruh pasar, hingga pekerja rumah tangga.

Namun, dengan UU ini, Indonesia menunjukan komitmennya untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, di mana setiap individu, terlepas dari gender, dapat berkembang dan berkontribusi bagi masyarakat dan ekonomi.


#Mon-FridayChallenge




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung