Shopee dan Lazada Diduga Kena Pelanggaran dari KPPU, Apa Penyebabnya?

Like

Adanya Dugaan Praktik Diskriminatif dan Monopoli Usaha

KPPU sendiri telah melakukan pengawasan terhadap entitas Lazada Indonesia sejak tahun 2021. Dilansir dari laman resmi KPPU, mereka mengumpulkan 2 alat bukti selama proses penyelidikannya.

Situs jual beli online tersebut diduga telah melakukan bentuk diskriminatif yang berpotensi merugikan konsumen. Namun, KPPU masih perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dari barang bukti tersebut sebelum dibawa ke meja sidang. 

Hal yang serupa juga terjadi di platform jual beli barang online berwarna orange tersebut. KPPU berhasil mengindikasikan Shopee yang melakukan diskriminatif terhadap pelayanan jasa pengiriman lain.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Lewat HP: Panduan Praktis

Dalam artian, Shopee telah mengatur sistem algoritma dari jasa pengiriman yang lebih mengutamakan miliknya sendiri (Shopee Express) dibanding alternatif jasa pengiriman lain kepada konsumennya.


Hal ini yang membuat jasa pengiriman lain jadi kehilangan kesempatannya untuk menggaet konsumen. Konsumen pun juga jadi kesulitan untuk memilih jasa pengiriman yang mereka inginkan.

Padahal, pada kuartal pertama di tahun 2020 sampai kuartal kedua tahun 2022, Shopee mampu menguasai 60% marketplace di Indonesia. Peminatnya akan semakin banyak dan otomatis pengiriman barang juga semakin menumpuk. 

Tak hanya terindikasi melakukan diskriminasi terhadap jasa pengiriman, direktur dari situs jual beli online tersebut melakukan jabatan rangkap yang bisa beresiko untuk perusahaannya.

Jabatan yang merangkap ini dapat mempengaruhi perilaku dari pelaku usaha yang membuat kebijakan kedua perusahaan juga jadi tidak terkontrol.

Melihat adanya praktik monopoli tersebut, KPPU akan mendalami kasus ini di meja sidang pada 11 Juni mendatang. Jika terbukti benar melakukannya, KPPU tak segan-segan menjerat Shopee dengan pemberian sanksi.








----------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung