Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living Anti Pelit!

pexels-artempodrez

pexels-artempodrez

Like

Frugal living, atau hidup hemat, adalah gaya hidup di mana seseorang hidup dengan bijaksana dalam pengeluaran mereka tanpa harus menjadi pelit.

Ini adalah tentang memprioritaskan pengeluaran pada hal-hal yang penting dan membuat keputusan finansial yang cerdas.

Tidak seperti pelit yang sering kali berkaitan dengan menahan diri untuk menghabiskan uang, frugal living adalah tentang memilih bagaimana menghabiskan uang secara cerdas.

Frugal living memegang arti yang mendalam. Ini berarti lebih dari sekadar menghemat uang; ini tentang menghargai dan memanfaatkan sumber daya dengan bijaksana.

Saat kita hidup secara hemat, kita menghargai setiap dolar yang kita miliki dan mencari cara untuk mengoptimalkan nilainya.


Hal ini juga mencakup keberanian untuk mengubah kebiasaan konsumsi kita, menolak konsumsi berlebihan, dan menghargai apa yang kita miliki

Baca Juga: Cobain Frugal Living ala Warren Buffett yang Katanya bisa Bikin Cepet Kaya!

 

Mengapa Harus Hidup Frugal Living?

Alasan mengapa seseorang memilih untuk hidup hemat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Bagi beberapa orang, itu mungkin karena situasi keuangan yang sulit atau tujuan keuangan jangka panjang seperti membeli rumah atau pensiun yang nyaman.

Bagi yang lain, itu mungkin tentang nilai-nilai pribadi seperti kesederhanaan, kesadaran lingkungan, atau kebebasan finansial.

Tidak peduli apa alasannya, menciptakan gaya hidup frugal living adalah langkah yang bijaksana untuk mengelola uang dengan lebih baik dan mendukung kehidupan yang lebih seimbang dan berkelanjutan.

Dengan memprioritaskan kebutuhan di atas keinginan, kita dapat membangun fondasi keuangan yang kuat untuk masa depan kita sendiri dan generasi yang akan datang.

Bagi saya pribadi, hidup frugal living merupakan jalan menuju kedamaian. Serasa hidup apa adanya, sangat bersyukur apa yang dimiliki, bukan menginginkan apa yang tidak dimiliki di luar kemampuan.

Ketika memiliki rasa Syukur,  maka saya juga melakukan frugal living dengan komitmen dan disiplin tinggi. 

Apabila salah satu tujuan perencanaan keuangan adalah untuk mengkover biaya operasi mata katarak, maka saya akan menabung berapa yang dibutuhkan, dibuat anggaran dan berapa yang harus ditabung tiap bulan.