Catat! Ini 9 Tips Hidup Frugal dari Buku “Your Money or Your Life”

Like

6. Mengantisipasi Kebutuhan

Hal ini mengajarkan kita untuk dapat mempersiapkan segala sesuatu mengenai keuangan sebelumnya. Dengan mengetahui kebutuhan di masa mendatang kita dapat mengumpulkan uang dengan menabung.

Selain itu, dengan mengetahui hal ini kita juga bisa merencanakan pembelian barang dari jauh-jauh hari.

Hal ini sangat penting karena memungkinkan kita untuk melakukan riset dan membandingkan harga produk di satu tempat dengan tempat lainnya.

Kemungkinan mendapatkan harga yang lebih terjangkau pun lebih mudah terealisasi.

 

7. Riset Value

Selain mempertimbangkan perbedaan harga, kita juga perlu memperhatikan perbedaan nilai pada suatu barang.


Nilai dapat berupa kualitas, durability, dan kekuatan sebuah barang. Mungkin kita dapat dengan mudah menemukan barang dengan harga yang lebih murah di pasaran, tetapi ternyata tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: Rahasia Frugal Living ala Cinta Laura, Meski Hemat Tetap Bisa Tampil Mewah!

 

8. Beli dengan Harga yang Lebih Murah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya saat kita dapat mengantisipasi kebutuhan dengan baik tentu kita dapat melakukan riset dengan jangka waktu yang lebih panjang.

Hal ini juga sangat memungkinkan untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih bersahabat untuk pembelian yang kita lakukan.

Selain tidak terburu-buru saat melakukan pembelian dan membandingkan harga antara satu penjual ke penjual lainnya.

Opsi untuk melakukan negosiasi harga juga sangat terbuka untuk dilakukan. Tak hanya itu, salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah dengan membeli barang bekas. Tentu dengan kualitas yang baik.

 

9. Cari Penggantinya

Apabila kalian memiliki kebiasaan yang mendorong kalian menjadi lebih konsumtif, mungkin jawabannya bukan dengan menghilangkan kebiasaannya tetapi mengganti cara mendapatkannya.

Misalnya kalian punya kebiasaan untuk membeli kopi. Mungkin kalian bisa mengubahnya dengan mulai membuat segelas kopi buatan sendiri. Kebahagiaan yang didapatkan sama, tetapi dengan cara yang berbeda.

Kalau Be-emers sudah menerapkan yang mana saja nih?






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung