Catat! Ini 9 Tips Hidup Frugal dari Buku “Your Money or Your Life”

Like

2. Hidup Sesuai dengan Kebutuhan

Dengan dapat mengelola diantara kebutuhan dan keinginan seseorang dapat hidup dengan lebih nyaman. Secara sederhana, panduan akan kebutuhan terdiri atas pemenuhan sandang, pangan, dan papan.

Selain itu, ada juga kebutuhan yang harus dipenuhi apabila sudah berkeluarga, manajemen utang, pembayaran proteksi yang berupa BPJS atau asuransi dan juga investasi. Setelah semua kebutuhan ekonomi tersebut dapat terpenuhi baru kalian dapat memberi self reward.



3. Rawat dan Sayangi Apa yang Kita Miliki

Hal ini berlaku untuk barang yang kita beli. Dengan melakukan perawatan yang sesuai barang tersebut dapat memberi manfaat yang maksimal dengan jangka waktu yang juga lebih panjang tentunya.

Selain pada barang, pola pikir ini juga berlaku pada diri kita sendiri. Seperti halnya dengan menjaga kesehatan dengan konsisten akan menghindarkan kita dari biaya yang berobat sewaktu-waktu karena penyakit.

 

4. Pakai Sampai Rusak

Dengan menggunakan suatu barang yang kita beli sampai rusak berarti kita mendapatkan manfaat maksimal dari barang tersebut.


Baca Juga: Frugal Living dan Gaya Hidup Minimalis, Satu Tujuan Tapi Beda Cara Eksekusinya!

Akan tetapi, masalah keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan juga harus jadi hal yang dipertimbangkan.

 

5. Do It Yourself

Terkadang kita melakukan suatu pembelian terhadap apa yang bisa kita bisa peroleh dengan sedikit usaha dan belajar lebih.

Hal ini yang membuat pengelolaan keuangan bisa jadi berantakan. Persiapan keuangan bisa saja tidak berjalan dengan baik.

Dengan melakukan hal ini juga kita terus membiasakan tubuh dan otak kita berpikir dan belajar hal baru.