CAGR Bitcoin dengan Portofolio Warren Buffett: Profil Risiko dan Kinerja yang Berbeda

Like

Bitcoin sebagai "Emas Digital"

Banyak trader dan investor menganggap Bitcoin sebagai "emas digital," melihatnya sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan devaluasi mata uang.

Persepsi ini telah meningkatkan daya tarik Bitcoin sebagai aset selama bertahun-tahun.

Beberapa perusahaan AS, seperti MicroStrategy dan Tesla, telah menambahkan Bitcoin ke cadangan mereka, diikuti oleh peluncuran exchange-traded funds (ETFs) Bitcoin spot yang semakin mengukuhkan statusnya di kalangan investor institusional.

Namun, Bitcoin tetap sangat volatil, dengan harga yang bisa mengalami fluktuasi ekstrem dibandingkan dengan pengembalian stabil dari portofolio Buffett.

Meskipun demikian, dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin telah menunjukkan volatilitas yang lebih rendah dibandingkan banyak saham S&P 500, termasuk Tesla, Meta, dan Nvidia.


Baca Juga: Jelang Pilpres AS, Donald Trump Gelar Kampanye Terima Donasi Kripto

 

Strategi Konservatif vs Volatilitas Tinggi

Portofolio Buffett mewakili strategi yang lebih konservatif dan jangka panjang dengan pengembalian yang konsisten dan risiko yang dapat dikelola, meskipun memiliki eksposur ke neobank pro-crypto di Nu Holdings.

Sebaliknya, Bitcoin telah memberikan pengembalian yang jauh lebih tinggi, meskipun dengan volatilitas signifikan dan beberapa penurunan besar dalam 13 tahun terakhir.

Baca Juga: Cobain Frugal Living ala Warren Buffett yang Katanya bisa Bikin Cepet Kaya!

 

Kesimpulan

Perbandingan antara CAGR Bitcoin dan portofolio Warren Buffett menggarisbawahi perbedaan mendasar dalam pendekatan investasi dan profil risiko.

Portofolio Buffett menawarkan stabilitas dan pertumbuhan yang konsisten dengan risiko yang lebih rendah, cocok untuk investor yang menghindari risiko.

Di sisi lain, Bitcoin menawarkan potensi pengembalian yang jauh lebih tinggi tetapi dengan volatilitas yang signifikan, menjadikannya pilihan yang lebih cocok untuk investor yang bersedia mengambil risiko lebih besar untuk imbal hasil yang lebih tinggi.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung