6 Tips Mencegah Diri dari Stres

Ilustrasi seseorang mengalami stres (Sumber gambar : pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ilustrasi seseorang mengalami stres (Sumber gambar : pexels.com/Andrea Piacquadio)

Like

Menurut laman UNICEF yang dimaksud stres adalah perasaan yang umumnya dapat kita rasakan saat berada di bawah tekanan, merasa kewalahan, atau kesulitan menghadapi suatu situasi.

Banyak dampak yang dirasakan saat diri merasakan stres, baik dampak positif maupun negatif. Adapun dampak negatif akan lebih banyak ditemukan daripada dampak positif ketika diri mengalami stres.

Lalu apa yang dilakukan untuk menghindarkan diri dari stres, berikut 6 tips yang membantu agar diri kita terhindar dari stres.


1. Berusaha Tenang dalam Berbagai Situasi

Usahakan selalu bersikap tenang dalam berbagai situasi atau kondisi apapun. Sikap tenang akan membantu kita untuk lebih jernih dalam memandang sesuatu, sehingga akan membuat kita lebih mudah untuk melihat dan mencari solusi dari masalah yang ada.

Hal tersebut akan membantu kita untuk terhindar dari stres yang biasanya muncul karena kita terlalu heboh atau emosi dalam mengatasi masalah.

 

2. Konsumsi Makanan Sehat

Banyak mengkonsumsi makanan sehat akan membantu kita menurunkan resiko depresi, karena makanan akan mempengaruhi tubuh dalam hal kinerja, imunitas bahkan kemampuan tubuh untuk merespon stres.


Baca Juga: Coping Mechanism: Strategi yang Dibutuhkan Pekerja untuk Menghadapi Stres

Sehingga secara tidak langsung, dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat akan membantu kita terhindar dari stres.

 

3. Rajin Berolahraga

Manfaat olahraga tidak hanya membuat tubuh kita menjadi sehat, akan tetapi juga mengurangi gejala depresi dan stres.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa olahraga akan meningkatkan hormon endorfin yang membantu mengurangi rasa stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Lakukan olahraga setidaknya 2 hari sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental kita.