Solo Trip, Pengalaman yang Wajib Dicoba Minimal Sekali Seumur Hidup

ilustrasi Solo Trip (Sumber Gambar: Canva)

ilustrasi Solo Trip (Sumber Gambar: Canva)

Like

Apakah kamu tertarik punya pengalaman sekaligus bisa menguji kemampuan diri ketika sedang dalam perjalanan jauh sendirian? Nah solo trip adalah jawabannya.

Solo trip diartikan secara harfiah yakni perjalanan tunggal untuk menuju destinasi tertentu yang dilakukan seorang diri.

Agenda solo trip dimulai dari perencanaan biaya liburan, destinasi, pilihan akomodasi, hingga realisasi agenda perjalanan yang benar-benar diurus sendiri. 

Saat ini mungkin banyak yang masih enggan melakukan solo trip karena banyak faktor seperti  kurang percaya dengan kemampuan diri atau takut tidak bisa berhemat karena tidak ada teman yang bisa diajak sharing budget.

Namun di luar dari faktor-faktor tersebut, solo trip itu banyak sekali manfaatnya lho, yakni:
 

Ilustrasi Solo Trip/Canva

Ilustrasi Solo Trip/Canva

 

Pertama, Solo Trip Membantu Kamu Mengenal Diri Sendiri 

Solo trip memberikan kesempatan untuk lebih mendalami diri sendiri. Tanpa distraksi dari orang lain, bisa lebih fokus pada refleksi diri dan menggali apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidup.


Baca Juga: Study Tour: Tujuan, Manfaat dan Memilih Tips Paket Perjalanan Wisata

Buat yang sering merasa nggak enakan dengan orang lain, solo trip ini wajib dicoba karena kamu nggak harus selalu mengalah untuk menentukan agenda acara liburan kamu. 

 

Kedua, Solo Trip Melatih Kepercayaan Diri 

Solo trip memungkinkan kamu untuk menghadapi ketakutan dan ketidaknyamanan secara langsung. Tentunya hal ini akan membantu kamu tumbuh sebagai individu dengan merasa lebih percaya diri dan mandiri.

Ketika sendirian maka kamu akan mau tidak mau menghadapi segala kondisi dan insting kamu akan secara alami menyusun strategi tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah yang mungkin timbul.

Hal Ini juga membantu kamu untuk menjadi lebih tangguh dan terampil dalam mengatasi tantangan.
 

Kemampuan Diri/Canva

Kemampuan Diri/Canva

 

Ketiga, Solo Trip Membuat Kamu Merasakan Kebebasan dan Fleksibilitas 

Ketika kamu solo trip, maka kamu memiliki kontrol penuh atas jadwal dan aktivitas tanpa perlu mempertimbangkan preferensi orang lain.

Ini memungkinkan kamu bisa dengan leluasa untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan mengalami hal-hal yang tidak akan dilakukan dalam perjalanan kelompok dan dijamin tetap seru lho! 

 

Keempat, Solo Trip Membantu Menjalin Hubungan dengan Orang Asing 

Ketika solo trip kamu biasanya akan lebih terbuka terhadap orang asing dan menciptakan koneksi baru. Berkenalan dan membuat pertemanan adalah keuntungan dari solo trip dan hal tersebut juga bisa mengubah kamu dalam cara pandang terhadap  dunia dan memperluas jaringan sosial.

Baca Juga: Tips Berwisata Bersama dengan Bus secara Aman

Kamu bisa mencoba dengan bermalam di penginapan dengan sistem dorm atau asrama, atau juga mencoba homestay untuk memperluas jaringan pertemanan kamu. 

 

Kelima, Solo Trip Memberikan Pelajaran Menghargai Ketenangan dan Kesendirian 

Seperti yang kita ketahui, dalam kehidupan sering kali terasa sibuk dan berisik, akan lebih mudah ditenangkan dengan solo trip yang akan memberikan kesempatan untuk menemukan kedamaian dalam kesendirian. Tentunya hal ini sangatlah penting untuk kesehatan mental dan kebahagiaan pribadi. 
 

Good Memory/Canva

Good Memory/Canva