Pesan-Pesan dalam Wukuf di Arafah, Ada Doa untuk Palestina

Sumber gambar: Pinterest Ahmad Azami

Sumber gambar: Pinterest Ahmad Azami

Like

Wukuf di Arafah adalah salah satu momen puncak dalam pelaksanaan ibadah haji. Pada hari ini, jutaan umat Muslim berkumpul di Padang Arafah untuk berdoa dan memohon ampunan dari Allah SWT.

Namun, di tengah kekhusyukan tersebut, ada satu harapan yang sering kali terucap dari hati banyak jamaah menyerukan doa untuk kemerdekaan Palestina.

Wukuf di Arafah terjadi pada tanggal 9 Dzulhijjah, dimana para jamaah haji berkumpul sejak matahari tergelincir hingga terbenam.

Mereka berdiri, duduk, atau bahkan berbaring, menghadap kiblat dan melantunkan doa-doa dengan penuh khusyuk.

Baca Juga: Ibadah Haji dan Pengarunya bagi Perekonomian Negara


Di sinilah mereka merasakan kedekatan dengan Allah SWT dan memohon ampunan serta rahmat-Nya. Suasana di Arafah begitu sakral, di mana langit seolah-olah terbuka untuk menerima setiap doa yang dipanjatkan.

Dalam momen yang penuh keagungan ini, doa untuk kemerdekaan Palestina menjadi salah satu yang sering dipanjatkan oleh para jamaah.

Mereka berdoa agar saudara-saudara Muslim di Palestina diberikan kekuatan, ketabahan, dan segera mendapatkan hak-haknya sebagai bangsa merdeka.

Doa ini bukan hanya bentuk solidaritas, tetapi juga harapan akan terwujudnya perdamaian di tanah yang suci bagi tiga agama besar dunia tersebut.