11 Manfaat Berkurban, Terutama Bagi Perekonomian

Peternakan Sapi untuk Kurban. Sumber gambar: Pixabay

Peternakan Sapi untuk Kurban. Sumber gambar: Pixabay

Like

Berkurban sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu. Jika mampu, masing-masing orang dalam satu keluarga bisa berkurban semua, namun jika tidak, satu ekor kambing cukup untuk mewakili satu keluarga. 
 
Berdasarkan kriteria di atas jumlah hewan korban di suatu daerah adalah sejumlah keluarga yang mampu di daerah tersebut.

Ukuran mampu adalah mampu membeli seharga domba usia enam bulan tanpa menganggu nafkah keluarga.

Ahli agama menyatakan, orang yang mampu membeli rokok Rp 20.000,- per hari atau Rp 600.000,- per bulan atau Rp 7.200.000,- per tahun sebenarnya sudah mampu membeli seekor domba usia enam bulan. 
 
Bahkan kurban tidak menggunakan hitungangn nisab, atau batasan harta yang dikenakan sesuatu, seperti zakat.

Baca Juga: Menjelang Hari Raya Idul Adha 2024, Begini Tips Memilih Hewan Qurban!
 
Ibadah kurban ini sangat dianjurkan karena kurban memiliki berbagai manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat kurban
 

1. Terjadi Perputaran Uang yang Besar Setiap Tahun

Ibadah kurban merupakan ibadah tahunan, bukan ibadah sekali seumur hidup. Jadi orang yang tahun kemarin sudah berkurban, jika tahun ini masih diberi kemampuan dianjurkan untuk berkurban lagi, begitu juga tahun depan, dan seterusnya. Dan setiap tahun inilah, terjadi perputaran uang yang cukup besar. Data Baznas dan Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEB UI (2018), setiap tahun ada perputaran dana sebesar 69,9 triliun rupiah.


2. Mengurangi Kesenjangan Sosial

Pembagian daging kurban adalah bentuk distribusi kekayaan dari orang-orang kaya ke orang-orang miskin. Apalagi pengelolaan daging kurban yang tersistem, seperti pengalengan daging oleh BAZNAS, ini sangat membantu pemerataan.


3. Mengurangi Kelaparan

Kurban adalah “pesta” tahunan umat Islam di seluruh dunia. Yang tidak seperti pesta lain, pesta ini adalah pesta menikmati dan makan hasil kurban, yang ini dapat dinikmati oleh semua golongan, baik yang kaya, miskin, ataupun orang-orang lemah, rentan serta terpinggirkan. 
 



4. Meningkatkan Kesehatan

Pelaksanaan kurban, meskipun hanya setahun sekali, akan memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang untuk mengonsumsi daging, dan ini sangat baik untuk memenuhi nutrisi.
 

5. Meningkatkan Ketahanan Ekonomi

Yaitu jika kebutuhan ternak dapat dipenuhi dalam negeri bukan impor.