13.800 Pegawai Tekstil Kena PHK, Ini Sebabnya!

Like

Impor Ilegal Produk TPT Masih Marak

Salah satu yang menjadi tantangan bagi industri tekstil di Indonesia adalah masih sangat marak adanya impor tekstil ilegal. Pengawasan pemerintah masih sangat lemah mengenai hal ini.

Akibatnya, produk tekstil impor yang legal dan ilegal menumpuk di Indonesia. Sisa barang-barang impor tersebut kemudian menjadi jenuh di pasar domestik.

Hal ini sebenarnya sudah lumayan lama terjadi di Indonesia. Yang dibuktikan dengan maraknya barang-barang thrift di pasaran.

Baca Juga: Tesla PHK 10% Karyawan Global, Ini Beberapa Penyebabnya!

Hal ini bisa jadi ancaman serius bagi industri tekstil dalam negeri dengan sistem hulu produksi yang masih lemah. Bahan baku, ongkos produksi, dan tenaga kerja yang jauh dibandingkan dengan produk-produk impor dari China.


Di sisi hilir juga produk Indonesia rentan tidak dapat bersaing dengan produk buatan luar negeri. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah citra produk hingga persaingan harga di pasar.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung