Kenalan dengan Alat Bantu Dengar yang Digunakan Naufal Athallah Peserta SNBT

Alat bantu dengar membantu penderita gangguan pendengaran menjadi lebih baik sumber gambar aladokter.com

Alat bantu dengar membantu penderita gangguan pendengaran menjadi lebih baik sumber gambar aladokter.com

Like

Viral curhatan pilu seorang peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang tunarungu. Ia menceritakan bagaimana kondisinya saat diminta melepas alat bantu dengar (ABD) selama tes. Hal tersebut dilakukan agar ia tidak dicurigai sebagai joki.

Kejadian tersebut dialami Naufal Athallah, siswa kelas 12 SMK di Tangerang Selatan. Saat itu, dia mengerjakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Indonesia (UI). Akibatnya ia tidak bisa konsentrasi dan ujian berakhir gagal.

Agar kejadian serupa tidak terulang lagi mari kita pahami sedikit apa itu Alat bantu dengar (ABD),  fungsi dan akibat jika dilepaskan secara terpaksa.



Pengertian Alat Bantu Dengar 

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik kecil yang dirancang untuk memperbaiki kemampuan pendengaran seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. Alat ini berfungsi dengan cara menguatkan suara yang masuk ke telinga sehingga suara tersebut dapat didengar lebih jelas oleh pengguna. 

Alat bantu dengar biasanya terdiri dari tiga komponen utama: mikrofon, amplifier, dan speaker. Mikrofon menangkap suara di sekitar pengguna, amplifier meningkatkan volume suara, dan speaker mengirimkan suara yang telah diperkuat ke telinga pengguna.


Baca Juga: Disepelekan, Ini Bahaya Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud!


Fungsi Alat Bantu Dengar

Fungsi utama alat bantu dengar adalah meningkatkan kemampuan pendengaran seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. Dengan menggunakan alat bantu dengar, pengguna dapat:

1. Mendengar Percakapan Lebih Jelas

Alat bantu dengar membantu pengguna untuk mendengar dan memahami percakapan sehari-hari, baik dalam lingkungan yang tenang maupun yang bising.
 

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan pendengaran yang lebih baik, pengguna dapat lebih aktif berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan menikmati berbagai hiburan, seperti menonton televisi atau mendengarkan musik.
 

3. Menjaga Kesehatan Mental

Penggunaan alat bantu dengar dapat membantu mencegah isolasi sosial dan masalah kesehatan mental yang mungkin timbul akibat gangguan pendengaran. Seperti depresi dan kecemasan.
 

4. Meningkatkan Keselamatan

Dengan alat bantu dengar ini memungkinkan pengguna untuk mendengar suara-suara penting yang berhubungan dengan keselamatan. Seperti klakson mobil atau alarm kebakaran.