Udah Cek Khodam Kamu di TikTok, Gimana sih Hukumnya?

Live Tiktok Cek Khodam (Sumber gambar: Tiktok)

Live Tiktok Cek Khodam (Sumber gambar: Tiktok)

Like

Untuk kalian pengguna media sosial Tiktok pasti tau dong tren yang ramai satu ini!

Aksi live Tiktok yang menunjukan seseorang dapat melihat atau meramal khodam para penontonnya dengan hanya menyebutkan namanya di kolom komentar. 

Biasanya, peramal akan mendeskripsikan secara acak jenis khodam yang kamu miliki. Mulai dari ubur-ubur, unicorn, atau hewan unik lainnya. 

Enggak cuma itu, peramal tersebut juga akan sesekali meminta kepada para penontonnya untuk memberikan gift berupa stiker seikhlasnya.

Ternyata, aksi ini mendapatkan banyak tanggapan dari warganet, lho! Mulai dari gurauan, ungkapan unik, hingga video-video parodi. Sebenarnya apa makna khodam?


Baca Juga: UU Kesejahteraan Ibu dan Anak, Jaminan Kesetaraan dan Kesempatan Kerja Bagi Perempuan



Apa itu Khodam?

Khodam merupakan tradisi yang ada dalam budaya lokal Indonesia yang merujuk pada beberapa entitas yang berbau ghaib. Tradisi ini berasal dari kebudayaan di Pulau Jawa.

Istilah khodam berasal dari bahasa arab yakni “khodim” yang memiliki arti “penjaga” atau “leluhur yang mendampingi”.

Khodam sendiri sendiri bisa berasal dari beberapa sumber, seperti benda pusaka, leluhur nenek moyang secara turun-temurun, hingga kegiatan spiritual yang diperoleh dari amalan-amalan tertentu. 

Katanya khodam sendiri tidak bisa dimiiki oleh setiap manusia, lho! Hanya orang-orang terpilihlah yang dapat memiliki khodam.