KOL Marketing, Berdampak Enggak Sih Buat Bisnis?

Sumber Gambar: CONTENDR

Sumber Gambar: CONTENDR

Like

Gimana sih caranya suatu produk bisa dibicarakan banyak orang dan viral? Tren ini merupakan strategi marketing. Nah, biasanya starategi marketing ini menggunakan Key Opinion Leader (KOL).
 
Key Opinion Leader (KOL) merupakan seseorang yang memiliki pengaruh dan keahlian yang bisa dipercaya oleh para pengikutnya atau followers.

KOL umumnya dari kalangan public figure, influencer atau pakar khusus di suatu bidang tersebut. Jadi peran KOL ini sangat penting karena rata-rata orang Indonesia percaya pada rekomendasi atau pengalaman seseorang saat membeli produk.
 


Pentingnya KOL dalam Bisnis

Brand

Rekomendasi dari orang lain selalu menjadi pertimbangan orang Indonesia untuk membeli produk tersebut.

Maka fungsi KOL marketing yaitu meningkatkan brand awerness. Melalui KOL marketing ini mampu membangun rasa percaya konsumen, apalagi jika KOL yang dipilih memiliki value yang baik. Maka kredibilitas brand semakin meningkat dan lebih terkenal.
 

Audience Baru

KOL yang dipilih tentunya followers yang memiliki kriteria serupa dengan target audience yang ingin dijangkau.


Jadi melalui KOL marketing, potensi memperoleh audience baru yang belum mengenal produk tersebut bisa semakin meningkat.

Kalaupun apabila KOL marketing yang dipilih tidak memiliki followers yang serupa, tetap saja mendapatkan target pasar yang baru.

Follower selalu percaya kepada KOL marketing maka dari itu tidak heran KOL marketing sering disebut influencer, karena fungsinya untuk mempengaruhi calon audience baru.