Musisi Nasional Beri Kritik Buat Oknum Aksi Pembakaran Panggung: Sama-sama Korban

Panggung Tangerang Lentera Festival sebelum (kiri) dan sesudah kejadian pembakaran (kanan). (Sumber gambar: Instagram/@lentera.festival)

Panggung Tangerang Lentera Festival sebelum (kiri) dan sesudah kejadian pembakaran (kanan). (Sumber gambar: Instagram/@lentera.festival)

Like

Festival musik jadi salah satu ajang masyarakat untuk bersenang-senang. Akan tetapi, keriuhan justru terjadi akibat aksi penonton membakar panggung di acara Tangerang Lentera Festival 2024 (TNG Lanfest) di Pasar Kemis, Tangerang. Hal ini terjadi lantaran penonton kecewa acara musik tidak jadi diselenggarakan.

Penonton kecewa karena sudah membayar tiket masuk sebesar Rp115 ribu, tetapi para performer tidak jadi datang. Usut punya usut ternyata panitia belum melunasi pembayaran artis dan juga beberapa vendor yang terlibat.

Kejadian ini juga menyita perhatian musisi lokal. Mereka mengkritisi tingkah laku penonton yang bisa saja menimbulkan kerugian lainnya.

 

Penonton Bakar Panggung Karena Kecewa

Konser musik Tangerang Lentera Festival seharusnya sudah dimulai sejak pukul 19.00. Penonton yang antusias sudah mulai memadati lokasi dari sore hari. Mereka hendak menyaksikan deretan artis ternama seperti Guyon Waton dan NDX AKA memeriahkan pertunjukan.

Akan tetapi sampai pukul 19.15, tidak ada pertanda acara akan dimulai. Penonton yang mulai resah melakukan protes dengan membuat kegaduhan. Sampai akhirnya, panitia acara tidak kunjung terlihat. Beberapa penonton yang tampak ricuh kemudian mengambil langkah nekat dengan membakar panggung. Tak hanya itu, api juga diarahkan menuju sound system yang berukuran besar.

Yang menambah kekesalan penonton adalah panitia tetap menjual tiket on the spot. Padahal mereka mengetahui kalau saja acara akan batal dilaksanakan.


Untuk mengamankan kejadian tersebut, pihak berwajib mengerahkan setidaknya 120 personel untuk menertibkan kekacauan yang terjadi.