Blibli Akuisisi Dekoruma dengan Harga Rp1,16 Triliun, Gimana Prospeknya?

Dekoruma Experience Center. (Sumber gambar: Dok. Dekoruma)

Dekoruma Experience Center. (Sumber gambar: Dok. Dekoruma)

Like

Salah satu anak perusahaan Djarum Group yang terkenal sebagai platform jual beli online, Blibli mengumumkan kalau saja mereka telah melakukan pembelian 26.167 saham seri C dari PT Dekoruma Inovasi Lestari (DIL). Dari pembelian ini setidaknya PT Global Digital Niaga Tbk. mengeluarkan sejumlah 1,16 triliun rupiah.

Blibli dikenal masyarakat sebagai e-commerce yang merupakan anak usaha Grup Djarum. Sudah beroperasi semenjak tahun 2011,

Blibli menggunakan metode managed marketplace yang menerapkan kurasi dalam penyediaan produk dan pelayanan berkualitas. Namanya, adalah kependekan dari “beli-beli” agar unik dan mudah diingat pasar.

Baca Juga: Kenali Diri dan Profil Risiko, Tips Memulai Investasi!

 

Memberikan Stimulus Bisnis

PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) sebagai pemilik saham Blibli telah melakukan transaksi jual beli pada 20 Juni 2024 lalu. Mereka berperan sebagai pembeli dan Dekoruma Pte. LTD (DPL) sebagai penjual.

Salah satu alasan utama BELI mengambil keputusan bisnis yang demikian adalah untuk memberikan stimulus bisnis bagi perusahaannya. Mereka coba untuk memenuhi kebutuhan produk rumah tangga pada penggunanya. 


Selain itu, langkah strategis ini diambil agar perusahaan mampu mengintegrasikan lini bisnis melalui jalur perdagangan luring dan daring. Dengan begitu, perusahaan mampu menyerok peluang yang lebih besar di masa mendatang.

Dilansir dari Bisnis.com, perwakilan BELI mengungkapkan kalau saja perseroannya memiliki peluang pengelolaan risiko yang lebih efektif dan mampu mengambil keputusan dengan lebih terinformasi, dibandingkan melaksanakan transaksi dengan pihak ketiga lain yang tidak terafiliasi dengan perseroan.

Dari transaksi yang dilakukan BELI memiliki kepemilikan saham senilai 99,83% atas Dekoruma.